Tak Cuma Kapten Inf Teddy Wijaya, 4 Jenderal TNI Ini Punya Tab Ranger

Felldy Utama ยท Rabu, 08 April 2020 - 05:00 WIB
Tak Cuma Kapten Inf Teddy Wijaya, 4 Jenderal TNI Ini Punya Tab Ranger

Sejumlah prajurit AD AS mengikuti latihan fisik selama kursus Ranger di Fort Benning, Georgia, AS beberapa waktu lalu. (Foto: Newsweek).

JAKARTA, iNews.id – Daftar prajurit TNI yang mampu menyematkan Tab Ranger di lengan kirinya bertambah. Terbaru diukir Kapten Infanteri Teddy Indra Wijaya, anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang juga mantan asisten ajudan Presiden Joko Widodo.

Tab Ranger di lengan kiri Kapten Teddy menjadikannya sebagai salah satu perwira TNI AD yang berhasil meraih kualifikasi pasukan elite Angkatan Darat AS (US Army). Di kursus militer ini, tidak sembarang peserta dapat lulus.

"Pendidikan itu diikuti oleh tentara yang telah terpilih paling fit, baik secara fisik dan mental. Untuk persentase kelulusan sekolah selama ini berkisar 20-25 persen dari seluruh jumlah siswa pada periode pendidikan tersebut," kata Atase Militer Darat RI untuk AS Kolonel Inf Hendri, Minggu (5/4/2020).

United States Army Ranger School atau kursus Ranger merupakan pendidikan taktik dan kepemimpinan unit kecil yang berlangsung selama 62 hari. Kursus ini mengembangkan keterampilan fungsional dalam pertempuran jarak dekat dan pertempuran langsung.

Kursus Ranger terbuka untuk prajurit AD, AL, AU dan Marinir AS. Selain itu, diikuti pula oleh prajurit TNI dari negara-negara yang memiliki kerja sama militer dengan AS. Pendidikan ini telah digelar sejak 1950.

Kursus ini diadakan di berbagai lokasi. Pelatihan di Fase Benning berlangsung di sekitar Camp Rogers di Fort Benning, Georgia. Pelatihan Fase Gunung dilakukan di Camp Merrill, pegunungan terpencil dekat Dahlonega, Georgia. Sedangkan Fase Florida dilakukan di berbagai lokasi dekat Camp Rudder, Pangkalan Angkatan Udara Eglin, Florida.

Dalam sejarah TNI, selain Kapten Inf Teddy Indra Wijaya, empat jenderal yang kini telah purnatugas juga pernah menyandang Tab Ranger kala masih aktif sebagai prajurit. Menurut laman TNI, mereka juga lulus dari pendidikan elite Angkatan Darat Negeri Paman Sam tersebut.

Berikut daftarnya:

1. Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono.

SBY merupakan alumni Akmil 1973 sekaligus lulusan terbaik (Adhi Makayasa). Kariernya cemerlang. Menantu pendiri RPKAD Sarwo Edhie Wibowo ini pernah dipercaya mengemban sejumlah jabatan strategis TNI AD.

Pendidikan militernya termasuk komplet. SBY antara lain pernah mengikuti American Language Course, Lackland, Texas Amerika Serikat, pada 1976 dan Infantry Officer Advanced Course, Fort Benning pada 1982-1983. Status Ranger didapatkan saat mengikuti Airbone and Ranger Course, Fort Benning pada 1976.

2. Letjen TNI (Purn) Hotmangaraja Pandjaitan.

Lulusan Akmil 1977 ini merupakan putra dari Pahlawan Revolusi Mayjen TNI (anumerta) DI Pandjaitan. Hotmangaraja merupakan prajurit Kopassus.

Sederet jabatan pernah dipegangnya. Terakhir kali, pria berdarah Batak yang lahir di Palembang ini menjabat Sesmenko Polhukam. Tab Ranger didapatnya ketika dia mengikuti pendidikan US Army Airborne, Pathfinder, Ranger Course, Fort Benning.

3. Letjen TNI (Purn) Nugroho Widyotomo.

Lulusan Akmil 1983 ini juga ditempa sebagai prajurit Korps Baret Merah alias Kopassus. Kariernya dimulai sebagai Danton Kopassandha (1983) selepas lulus dari Lembah Tidar, Magelang.

Tentara kelahiran Banjarnegara, Jawa Tengah ini juga pernah menjabat Wadanjen Kopassus pada 2010, Pangdam II/Sriwijaya (2012), dan Irjenad (2013). Jabatan terakhirnya yakni Sekjen Wantannas (2016). Nugroho juga pernah mengikuti pendidikan Ranger di Fort Benning.

4. Letjen TNI (Purn) Syaiful Rizal.

Peraih Adhi Makayasa atau lulusan terbaik Akmil 1975 ini tercatat sebagai Danjen Kopassus pada 2005 sampai 2006. Dia juga pernah menjabat Pangdam IX/Udayana.

Selain mendapatkan Tab Ranger dari AS, dia juga pernah mengikuti pendidikan DSCC Australia. Jabatan terakhirnya yakni Dankodiklat TNI AD.

Editor : Zen Teguh