Tata Cara Sholat jenazah, Jumlah Takbir dan Bacaannya Lengkap

Inas Rifqia Lainufar ยท Kamis, 02 Juni 2022 - 15:48:00 WIB
Tata Cara Sholat jenazah, Jumlah Takbir dan Bacaannya Lengkap
Tata cara sholat jenazah, Jumlah takbir dan Bacaannya

JAKARTA, iNews.id - Tata cara sholat jenazah, jumlah takbir dan bacaannya harus diketahui setiap muslim. Lantaran hukum sholat jenazah adalah fardhu kifayah.

Fardhu kifayah artinya kewajiban yang jika sudah dilaksanakan oleh sebagian orang, maka sebagian yang lain sudah terbebas dari dosa. Tetapi jika tidak ada satu pun yang melaksanakannya, maka semua orang akan mendapatkan dosa.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang menyaksikan jenazah sampai ia menyolatkannya, maka baginya satu qiroth lalu barangsiapa yang menyaksikan jenazah hingga dimakamkan, maka baginya dua qiroth.”

Ada yang bertanya, “Apa yang dimaksud dua qiroth?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas menjawab, “Dua qiroth itu semisal dua gunung yang besar.” (HR. Bukhari dan Muslim )

Berbeda dari sholat lainnya, sholat jenazah tidak memiliki gerakan ruku’ dan sujud sehingga hanya dilakukan dengan berdiri dengan 4 takbir.  Adapun tata cara melaksanakan sholat jenazah sesuai syariat Islam adalah sebagai berikut.

Tata Cara Sholat Jenazah, Jumlah Takbir, dan Bacaannya

  • 1. Niat. 
    Untuk jenazah laki-laki: Usholli ‘ala hadzal mayyiti arba’a takbirotin fardho kifayatin imaman/ma’muman lillahi ta’ala.
    Untuk jenazah perempuan:  Usholli ‘ala hadzahihil mayyitati arba’a takbirotin fardho kifayatin imaman/ma’muman lillahi ta’ala
  • 2. Takbiratur ihram.
  • 3. Membaca surat Al-Fatihah.
  • 4. Takbir.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda