Terdampak Corona, Pelaksanaan SBMPTN Mundur Jadi Juli 2020

Sindonews, Neneng Zubaidah ยท Selasa, 07 April 2020 - 07:55 WIB
Terdampak Corona, Pelaksanaan SBMPTN Mundur Jadi Juli 2020

Ilustrasi Ujian Nasional. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengatakan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) akan dilaksanakan Juli 2020 mendatang. Sementara untuk pendaftaran rencananya dibuka bulan Juni.

LTMPT mengatakan pelaksanaan UTBK tersebut mundur dari rencana awal, di mana seharusnya pendaftaran UTBK dimulai 30 Maret 2020 dan pelaksanaannya pada 20 April. Rencana itu masih bisa berubah melihat perkembangan pandemi corona. Namun saat ini LTMPT sepakat melaksanakannya pada Juli 2020.

Sejumlah perubahan mekanisme UTBK SBMPTN dilakukan pada tahun ini. Antara lain penerapan tes potensi skolastik (TPS), setiap peserta hanya diizinkan satu kali tes, dan pelaksanaan tes dilakukan empat kali dalam sehari.

Selain itu pendaftaran UTBK dilakukan satu kali atau bersamaan. Serta peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK, memilih perguruan tinggi negeri (PTN), dan program studi tujuan.

Dalam surat edaran pelaksanaan UTBK SBMPTN yang dikeluarkan LTMPT menyebut pendaftaran akan dimulai 2 sampai 20 Juni 2020. Pelaksanaan tes diglear 12 Juli dan pengumuman serentak 25 Juli.

Ketua LTMPT Mohammad Nasih mengatakan semua rencana itu masih menyesuaikan dengan kondisi wabah corona. Jika jadi digelar Juli, dia memastikan pelaksanaan tes akan memperhatikan protokol kesehatan.

"Kalau nanti harus diundur maka akan diundur," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan UTBK SBMPTN akan tetap dilaksanakan namun akan mengalami penundaan karena masih terus dibahas. Nadiem mengatakan, UTBK harus tetap dilaksanakan karena ini adalah salah satu pintu masuk bagi anak lulusan SMA ke perguruan tinggi.

Sementara pemerintah tegas meniadakan ujian nasional tahun ini sebagai antisipasi penularan virus corona kepada anak sekolah. Diketahui, jalur penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada PTN dilakukan melalui beberapa cara. Pertama, SNMPTN berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan atau portofolio calon mahasiswa.

Kedua, SBMPTN dilakukan berdasarkan hasil UTBK yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) serta kriteria lain yang disepakati PTN. Selain itu, PTN dapat menggelar seleksi jalur mandiri di mana dapat menggunakan nilai hasil UTBK.

Editor : Rizal Bomantama