Tersisa 4 orang Lagi, Pasien Sembuh Covid-19 Klaster Secapa AD Jadi 1.304

Riezky Maulana ยท Jumat, 14 Agustus 2020 - 09:08 WIB
Tersisa 4 orang Lagi, Pasien Sembuh Covid-19 Klaster Secapa AD Jadi 1.304

Perwira mantan Secapa AD donorkan plasma darah (Foto: dok Puspen TNI AD)

JAKARTA, iNews.id - Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus menyampaikan perkembangan daripada penanganan Covid-19 di lingkungan Sekolah Calon Perwira (Secapa) AD. Berdasarkan data terbaru, jumlah siswa yang negatif Covid-19 menunjukkan peningkatan.

Nefra menuturkan, ada lima pasien terkonfirmasi positif yang hari ini dinyatakan sembuh setelah hasil pemeriksaan swab lanjutannya telah keluar.

"Hasil laboratorium PCR dari swab lanjutan pasien di Secapa AD sampai dengan hari ini Jumat, 14 Agustus, ada 5 pasien lagi yang dinyatakan negatif," kata Nefra melalui keterangan tertulisnya, Jumat (14/8/2020).

Dengan begitu, sambung Nefra, maka total pasien yang telah dinyatakan sembuh dari virus yang berasal dari Wuhan Cina ini berjumlah 1.304 orang. Sebelumnya, sebanyak 1.308 tenaga pelatih dan peserta didik di Secapa AD Bandung dinyatakan positif Covid-19.

Di samping itu, masih tersisa 4 orang lagi yang dinyatakan terkonfirmasi positif. "Jadi dari total 1.308 pasien positif Covid-19 di Secapa AD, pada hari ini sudah berkurang 1.304 orang atau 99,7 persen sudah menjadi negatif menjadi tinggal 4 orang 0,3 persen masih positif," ujarnya.

Selain itu, Nefra menuturkan total perwira Secapa AD yang ikut donor terapi plasma darah sebanyak 46 orang. Jumlah ini diketahui bertambah tiga orang pada pagi ini.

Nefra juga mengatakan, hingg hari ini total perwira Secapa AD yang ikut donor terapi plasma darah di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto sebanyak 155 orang. Jumlah ini diketahui karena ada penambahan 20 orang pada pagi ini.

"Kemudian pagi ini ada 20 perwira mantan Secapa lagi yang donor plasma di RSPAD. Sehingga total pendonor Plasma Convalesence adalah 155 orang," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq