Terungkap, Nurhadi dan Menantu Bersembunyi di Kediri Selama Buron

Ariedwi Satrio ยท Jumat, 26 Februari 2021 - 17:28:00 WIB
Terungkap, Nurhadi dan Menantu Bersembunyi di Kediri Selama Buron
Mantan Sekretaris MA Nurhadi dan menantunya bersembunyi di Kediri, Jawa Timur selama buron empat bulan. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak).

Nurhadi berdalih dia harus menjelaskan panjang lebar kepada keluarganya ihwal penetapan tersangkanya oleh KPK. Dia mengaku kepada keluarganya tidak bersalah dalam perkara dugaan suap dan gratifikasi terkait pengurusan perkara ini.

"Saya harus memberi pengertian bahkan tidak cukup sekali, dua kali. Saya tidak pernah melakukan tapi disangkakan, itu satu. Karena ada sarana upayanya, maka saya lakukan praperadilan dulu," ujarnya.

Kata Nurhadi, saat itu seharusnya KPK menghormati lebih dulu praperadilan yang diajukan pihaknya. Sejalan dengan itu, sambung Nurhadi, dia juga harus menenangkan keluarganya atas kasus yang menjeratnya

"Jadi ini yang mendasari saya kenapa saya memutuskan untuk tidak hadir panggilan itu kemudian sampai DPO," katanya.

Nurhadi dan Rezky Herbiyono masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) alias buronan KPK sejak 13 Februari 2020. Nurhadi mengaku sempat akan menyerahkan diri sebelum pada akhirnya ditangkap oleh tim penyidik KPK.

"Pada saat Ramadhan, ini keputusan yang sudah sangat tepat sekali, saya bersama Rezky, pas lebaran kita harus pulang dan kita hadapi. Dan ini istrimu dan mamamu sudah mulai bisa mengerti. Nah setelah itu, setelah Ramadhan saya akan serahkan diri. Nah, beda dua hari, kami akan serahkan diri, tapi selang beberapa hari itu kami ditangkap," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2 3