Tito Lantik Ari Dono sebagai Wakapolri, Arief Sulistyanto Kabareskrim

Aditya Pratama ยท Jumat, 17 Agustus 2018 - 15:18 WIB
Tito Lantik Ari Dono sebagai Wakapolri, Arief Sulistyanto Kabareskrim

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian melantik Komjen Pol Ari Dono sebagai Wakapolri dan Irjen Pol Arief Sulistyanto sebagai Kabareskrim di ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Jumat (17/8/2018). (Foto: iNews.id/ Aditya Pratama).

JAKARTA, iNews.id - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian melantik Komjen Pol Ari Dono sebagai Wakapolri. Ari menggantikan Komjen Pol Syafruddin yang pensiun dini karena dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Acara pelantikan dilaksanakan di ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Jumat (17/8/2018). Selain melantik Wakapolri, Tito juga melantik Kabareskrim yang baru, yaitu Irjen Pol Arief Sulistyanto yang sebelumnya menjabat Asisten SDM Polri untuk menggantikan posisi Komjen Pol Ari Dono.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya selaku pejabat Kepolisian Republik Indonesia akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Ari Dono dan Arief Sulistyanto di ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Jumat (17/8/2018).

Pelantikan dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor 1208/VIII/2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri.

Penunjukan Ari Dono mematahkan kabar yang menyebut Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis sebagai pengganti Syafruddin. Nama Idham sebelumnya santer disebut setelah Syafruddin dipastikan menjabat sebagai Menpan RB.

Penunjukan ini sekaligus melanggengkan tradisi pemilihan wakapolri dari perwira tinggi senior bintang tiga (Komjen Pol) di Polri. Merujuk data di Mabes Polri, selama ini kursi TB2 (sandi untuk wakapolri) memang dipercayakan kepada Komjen Pol.


Editor : Kurnia Illahi