Tito Minta Gubernur Papua Gunakan Istilah PPKM Berlevel, Bukan Lockdown

Fahreza Rizky ยท Senin, 26 Juli 2021 - 15:35:00 WIB
Tito Minta Gubernur Papua Gunakan Istilah PPKM Berlevel, Bukan Lockdown
Mendagri Tito Karnavian minta Gubernur Papua Lukas Enembe tidak berlakuan lockdown (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengaku sudah berkomunikasi dengan Gubernur Papua Lukas Enembe terkait rencana pemberlakuan lockdown. Dalam perbincangan itu, Tito meminta Lukas tidak menggunakan istilah lockdown, tetapi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Ini saya sudah komunikasikan ke Pak Gubernur jadi kita gunakan istilah PPKM level 4 level 3, bukan istilah lockdown. Kalau lockdown nanti masyarakat jadi bingung. Belum tentu seluruh masyarakat memahami arti lockdown," kata Tito di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (26/7/2021).

Tito mengungkapkan sudah berkomunikasi dengan Gubernur Papua tadi pagi. Dia mengingatkan bahwa dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 25 Tahun 2021 terdapat 3 daerah di luar Jawa-Bali yang masuk dalam level 4.

Sebanyak 3 daerah non Jawa-Bali yang masuk dalam level 4 itu yakni Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Ketiganya masuk dalam Provinsi Papua.

"Nah, ini dapat diterapkan substansinya sama dengan level 4 daerah lain. Artinya, pembatasan kegiatan masyarakat yang sangat ketat. Kemudian ada sejumlah juga yang masuk dalam level 3, termasuk Kabupaten Jayapura yang nantinya akan jadi venue untuk PON juga," jelas Tito.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: