Kemudian, Achyar juga memberikan perhatian khusus terhadap potensi ekonomi kreatif Indonesia yang semakin berkembang khususnya menjadi salah satu jenis pekerjaan yang paling banyak digeluti oleh para generasi milenial dan Generasi Y dan Z.
“Tenaga kerja ekonomi kreatif pada tahun 2018 tercatat sebanyak 18,76 juta orang cenderung naik hingga mencapai 21,90 juta orang pada tahun 2021 dan kontribusi industri kreatif terhadap perekonomian Indonesia pada tahun 2020 mencapai Rp1.100 triliun atau sekitar 7,4 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, ini merupakan sebuah potensi yang akan menjadi perhatian Ganjar-Mahfud," ujarnya.
Achyar menambahkan, Indonesia juga perlu mengadopsi cara-cara yang dilakukan oleh negara yang telah berhasil membuka lapangan pekerjaan yang akhirnya menyerap tenaga kerja
“Salah satu kunci dari keberhasilan dari penyerapan tenaga kerja selain dari ekosistem ekonomi yang terus berkembang maju juga, kita perlu mempersiapkan sumber daya manusia-sumber daya manusia yang super-terampil yang juga berkualifikasi seperti di Jerman yang berfokus pada sistem pendidikan dan pelatihan vokasi," katanya.
Editor: Reza Fajri
- Sumatra
- Jawa
- Kalimantan
- Sulawesi
- Papua
- Kepulauan Nusa Tenggara
- Kepulauan Maluku