Tradisi unik Menyambut Bulan Ramadan di Berbagai Negara, dari Aljazair sampai Turki

Antik Dalu Shinta ยท Selasa, 12 April 2022 - 16:09:00 WIB
Tradisi unik Menyambut Bulan Ramadan di Berbagai Negara, dari Aljazair sampai Turki
Tradisi unik Menyambut Bulan Ramadan di Berbagai Negara

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak tradisi unik menyambut bulan Ramadan di berbagai negara, mulai dari Aljazair sampai Turki. Seluruh umat Islam menyambut kedatangan bulan suci Ramadan dengan penuh suka cita.

Bahkan, ada beberapa tradisi unik dari berbagai negara untuk menyambut bulan suci ini. Berikut ini adalah tradisi unik menyambut bulan Ramadan di berbagai negara, seperti Aljazair, Arab Saudi, India, Armenia dan Turki. 

Tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadan di Berbagai Negara

  • Renovasi Rumah dan Berbelanja Bahan Makanan di Aljazair

Aljazair adalah sebuah negara di Afrika Utara yang berbatasan dengan Tunisia, Maroko dan Libya. Mengutip buku ‘Jejak Ramadan di Berbagai Negara’ karya Nurul Asmayani, Ramadan merupakan bulan yang spesial bagi warga negara Aljazair yang muslim.

Biasanya mereka menyambutnya dengan suka cita. Para pria mulai merenovasi rumah, mengecat dan membetulkan perabot-perabot yang rusak.

Para Ibu-ibu akan berbelanja dan menyimpan segala macam keperluan untuk masak seperti bumbu dapur dan bahan pangan sebelum Ramadan, sehingga mereka bisa khusyuk menunaikan ibadah puasa.

  • Kelap Kelip dan Tembakan Meriam di Arab Saudi

Arab Saudi adalah negara terbesar di Jazirah Arab. Tak heran tradisi menyambut bulan Ramadan di kota Riyadh, Arab berlangsung cukup meriah.

Lampu dan ornamen menghiasi jalan-jalan utama kota. Pusat perbelanjaan menyambut Ramadan dengan menawarkan berbagai diskon Ramadan. Koran-koran mulai memuat artikel-artikel tentang Ramadan.

Bahkan, terdapat tradisi tembakan meriam Ramadan di Arab Saudi. Jika tembakan meriam sudah menggema, maka masyarakat Arab sudah siap menyambut kedatangan bulan suci Ramadan. 

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda