Ungkap Hal Ringankan Vonis Juliari Batubara, Hakim: Terdakwa Menderita Dimaki Masyarakat

Ariedwi Satrio ยท Senin, 23 Agustus 2021 - 16:38:00 WIB
Ungkap Hal Ringankan Vonis Juliari Batubara, Hakim: Terdakwa Menderita Dimaki Masyarakat
Mantan Mensos Juliari Batubara divonis 12 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider enam bulan kurungan dalam kasus suap pengadaan Bansos Covid-19. (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id - Mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara divonis 12 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider enam bulan kurungan dalam kasus suap pengadaan Bansos Covid-19. Vonis dibacakan majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (23/8/2021).

Juliari terbukti bersalah menerima suap terkait pengadaan Bansos Covid-19. Dalam menjatuhkan putusannya, hakim mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan maupun meringankan.

Hal-hal yang menjadi pertimbangan hakim dalam meringankan putusannya yakni karena terdakwa Juliari Batubara belum pernah dijatuhi pidana. Selanjutnya, hakim menilai terdakwa sudah cukup menderita karena disanksi sosial oleh masyarakat.

"Terdakwa sudah cukup menderita dicerca, dimaki, dan dihina oleh masyarakat. Terdakwa telah divonis oleh masyarakat telah bersalah padahal secara hukum terdakwa belum tentu bersalah sebelum adanya putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap," kata Ketua Majelis Hakim Muhammad Damis saat membacakan amar putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (23/8/2021).

Selain itu, selama persidangan kurang lebih empat bulan, hakim menilai terdakwa hadir dengan tertib serta tidak pernah bertingkah macam-macam sehingga menimbulkan alasan yang akan mengakibatkan persidangan tidak lancar.

"Padahal, selain sidang untuk dirinya sendiri selaku terdakwa, terdakwa juga harus hadir sebagai saksi dalam perkara Adi Wahyono dan Matheus Joko Santoso," tuturnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: