Upacara Pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata Dipimpin Jokowi Pukul 14.00 WIB

Felldy Utama ยท Rabu, 11 September 2019 - 22:08 WIB
Upacara Pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata Dipimpin Jokowi Pukul 14.00 WIB

Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin. (Foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id - Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis, 12 September 2019 pukul 14.00 WIB. Upacara pemakaman akan dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan, kepastian tersebut merupakan hasil koordinasi pemerintah dengan keluarga Habibie.

Dalam koordinasi itu, keluarga Habibie diwakili sang adik, Timmy Habibie. Rapat dipimpin Menteri Sekertaris Negara (Sesneg) Pratikno.

"Disepakati dengan keluarga untuk besok upacara penyerahan dari keluarga kepada negara itu pada pukul 12.30 WIB," ujar Ngabalin di rumah duka Jalan Patra Kuningan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Dia menuturkan, jenazah Habibie akan diantar ke TMP Kalibata, Jakarta pukul 13.00 WIB. Ngabalin memperkirakan waktu perjalanan sekitar 30 menit dari rumah duka.

"Tiba sekitar 13.30 WIB, kemudian pukul 14.00 WIB upacara di Taman Makam Pahlawan yang akan langsung dipimpin Bapak Presiden Republik Indonesia (Jokowi)," kata Ngabalin.

Sebelum dimakamkan atau pada pukul 12.30 WIB, keluarga menyerahkan jenazah BJ Habibie kepada negara. Penyerahan akan dilakukan putra kedua Habibie, Tareq Kemal Habibie.

"Nanti akan diterima negara adalah Bapak Prof. Dr. Anwar Usman ketua Mahkamah Konstitusi," ujarnya.

Ngabalin menambahkan, yang akan menurunkan jenazah Habibie pertama kali ke liang lahat adalah anak pertama, Ilham Akbar Habibie. "Kemudian penaburan bunga pertama oleh keluarga diwakili Om Timmy, adik dari Pak BJ habibie. Pidato atas nama keluarga Mas Tareq," katanya.


Editor : Djibril Muhammad