Varian Baru Covid-19 Masuk Indonesia, Satgas Imbau Masyarakat Tak Panik

Dita Angga · Rabu, 05 Mei 2021 - 00:40:00 WIB
Varian Baru Covid-19 Masuk Indonesia, Satgas Imbau Masyarakat Tak Panik
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id -  Satgas Penanganan Covid-19 menyebut ditemukan beberapa virus varian baru di Indonesia. Varian itu berasal dari Inggris, India dan Afrika Selatan.

“Telah ditemukan 13 virus dengan varian B117 atau varian yang asalnya dari Inggris di Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, Bali, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara. Dua virus dengan varian B1617 atau varian asal India ditemukan di Jakarta. Satu virus dengan varian B 1351 varian asal Afrika Selatan di Bali,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi persnya, Selasa (4/5/2021).

Dia juga memastikan warga negara asing yang terjangkit varian Covid-19 Afrika Selatan telah meninggal dunia.

“Kemenkes telah menginformasikan  bahwa WNA yang terinfeksi Covid-19 varian Afrika Selatan telah meninggal dunia. Dan untuk varian B 1617, sudah dirujuk ke RSPI Sulianti Saroso,” ujarnya.

Wiku meminta agar masyarakat tidak panik terkait adanya varian baru ini. Namun dia mengingatkan agar lebih berdisiplin terhadap protokol kesehatan.

“Saya meminta kepada masy untuk tidak panik. Hal yang penting dan harus dilakukan oleh masyarakat adalah mematuhi protokol kesehatan sebagai bentuk perlindungan diri dari penularan covid-19,” tuturnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2