Viral Buku Panduan Belajar SMP Salah terkait Konsep Trinitas dalam Kristen, Ini Kata Kemendikbudristek

Maria Christina Malau · Selasa, 26 Juli 2022 - 19:45:00 WIB
Viral Buku Panduan Belajar SMP Salah terkait Konsep Trinitas dalam Kristen, Ini Kata Kemendikbudristek
Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terbitan Kemendikbudristek yang memuat penjelasan salah tentang konsep Trinitas dalam agama Kristen.

JAKARTA, iNews.id - Buku panduan belajar yang diterbitkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), viral di media sosial. Salah satu halamannya memuat penjelasan yang salah tentang konsep Trinitas dalam agama Kristen Protestan dan Katolik.

Kesalahan isi buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terbitan Kemendikbudristek untuk pelajar SMP Kelas VII ini awalnya disampaikan seorang imam Katolik, Sigit Pranoto. Melalui akun Twitter @mogitscj, Sigit mempertanyakan proses editing penerbitan buku panduan belajar itu kepada Kemendikbudristek dan Mendikbudristek Nadiem Makarim. Dia menilai penulis tidak memahami ajaran agama Kristen.

"Dear @Kemdikbud_RI cc: @nadiemmakarim @Nadiem_Makarim @KatolikG @ProtestanGL. Entah bagaimana proses editing penerbitan buku panduan belajar seperti ini dilakukan. Sangat disayangkan bahwa penulis tidak memahami ajaran dari agama Kristen Protestan dan Katolik terkait Trinitas," tulis Sigit Pranoto dikutip iNews.id dari cuitannya, Selasa (26/7/2022). 

Menurut Sigit, baik dalam versi PDF maupun cetak buku , tertulis pengajaran yang sangat keliru tentang agama Kristen Protestan dan Katolik. Dia juga melingkari isi buku yang salah.

"Justru inilah yang selama ini menjadikan kesalahpahaman dalam hubungan di masyarakat terkait ajaran tentang Trinitas," kata Sigit.

Adapun isi buku di halaman 79 yang salah itu menuliskan:

2. Agama Kristen Protestan. Tuhannya adalah Allah, Bunda Maria, dan Yesus Kristus sebagai tiga yang tunggal atau Trinitas. 

3. Katolik. Tuhannya sama dengan Kristen Protestan yakni Trinitas Allah, Bunda Maria dan Yesus Kristus.

Sigit menjelaskan, ajaran Kristiani tentang Trinitas sangat berbeda dengan penjelasan dalam buku itu. "Ajaran Kristiani tentang Trinitas mengajarkan bahwa Allah itu satu/esa, namun hadir dalam tiga pribadi: Allah Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Sangat berbeda dengan apa yang tertulis di dalam teks tersebut," tulisnya.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda