Viral Video Perempuan Berjubah Putih Minta Sumbangan Tengah Malam, Polisi Sebut Pelaku Terlilit Utang 11 Pinjol

Riezky Maulana · Senin, 16 Mei 2022 - 14:47:00 WIB
Viral Video Perempuan Berjubah Putih Minta Sumbangan Tengah Malam, Polisi Sebut Pelaku Terlilit Utang 11 Pinjol
Ilustrasi terlilit utang pinjol

JAKARTA, iNews.id - Sebuah video viral di sosial media memperlihatkan seorang perempuan berjubah putih meminta sumbangan ke rumah-rumah warga pada tengah malam. Bahkan, sang perempuan tak segan mengetuk pintu rumah warga.

Menurut Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, kejadian ini merupakan sebuah fenomena yang ditimbulkan karena permasalahan ekonomi. Adapun, pelakunya adalah seorang petani berusia 40 tahun.

"Namanya adalah Nurhayati bin Sarni. Dia anak ketiga dari enam bersaudara dalam keadaan masyarakat biasa-biasa saja, pekerjaannya adalah petani. Usia 40-an tahun," ucap Pandra kepada wartawan, Senin (16/5/2022). 

Pandra menjelaskan, Nurhayati merupakan orang tua tunggal yang berusaha menafkahi anak-anaknya sejak diceraikan oleh sang suami pada tahun 2012. Keadaan ekonomi pun semakin sulit, ditambah fenomena pandemi Covid-19.

"Dia menjadi tulang punggung keluarga. Dia single parent membesarkan anaknya. Di tengah pandemi Covid-19, dia mengalami kesulitan ekonomi," tutur dia. 

Oleh karena itu, Nurhayati memutuskan untuk meminjam uang di pinjaman online (Pinjol). Tak tanggung-tanggung, ia meminjam uang di 11 operator pinjol dengan total mencapai Rp39 juta.

"Sehingga dia melakukan pinjol. Bukan hanya 1 pinjol ya, tapi 11 pinjol dengan total nilai Rp39 juta," kata dia.

Dari video yang dibagian akun Instagram @nenk_update, terlihat warga membuka pintu dan tampak perempuan berjubah putih. Terdengar seseorang melantunkan ayat suci karena ketakutan.

Sementara perempuan berbaju putih itu menengadahkan tangan sambil meminta sumbangan.

"Warga Lampung dihebohkan dengan kemunculan seorang wanita berjubah putih yang meminta sumbangan ke rumah2 warga," tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda