Wajib Tahu! Yuk, Jaga Kesehatan dan Kebersihan Tangan dengan Cara Berikut Ini

Rizqa Leony Putri ยท Selasa, 14 September 2021 - 19:30:00 WIB
Wajib Tahu! Yuk, Jaga Kesehatan dan Kebersihan Tangan dengan Cara Berikut Ini
Ilustrasi menjaga kebersihan tangan dengan hand sanitizer. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Menjaga kesehatan dan kebersihan tangan merupakan salah satu tugas diri sendiri supaya terhindar dari berbagai macam penyakit. Terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, membiasakan diri untuk menjaga kebersihan tangan tentu tak boleh diabaikan.

Menjaga kebersihan tangan misalnya dengan mencuci tangan rutin sebaiknya Anda lakukan saat sebelum makan, dari kamar mandi, setelah berpergian, dan setelah memegang benda-benda yang kotor. Lalu, jika kita tidak bisa mencuci tangan dengan air dan sabun secara langsung kita dapat menjaga kebersihan tangan dengan menggunakan hand sanitizer. Apakah cara tersebut aman? Berikut ulasannya.

Dari Mana Kuman Penyakit Berasal?

Semua orang tentu sudah mengetahui jika mencuci tangan merupakan salah satu cara supaya tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit. Lalu sebetulnya dari mana datangnya kuman?

Kuman datang dan menyebar melalui tangan manusia yang menyentuh banda-benda kotor yang ada di sekitarnya. Tangan sendiri merupakan salah anggota tubuh yang digunakan untuk melakukan aktivitas apapun. Maka dari itu, sebagai orangtua atau orang dewasa, alangkah baiknya jika sejak dini menanamkan budaya mencuci tangan kepada anak.

Rajin mencuci tangan memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan, salah satunya bisa mencegah terjadinya masuknya bakteri penyebab diare dan bakteri lain yang menyebabkan sakit dalam tubuh. Namun, kebanyakan orang masih belum mengetahui bagaimana cara mencuci tangan dengan benar.

Menjaga Kebersihan Tangan Menggunakan Hand Sanitizer

Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang banyak digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Nah, otomatis tangan merupakan sarang dari berbagai jenis kuman dan penyakit.

Maka dari itu, salah satu manfaat dan keutamaan cuci tangan menggunakan hand sanitizer adalah agar tubuh terhindar dari risiko berbagai penyakit, termasuk virus corona.

Membersihkan tangan dengan Hand sanitizer yang mengandung alkohol direkomendasikan oleh CDC sebagai alternatif sabun dan air saat kondisi tangan sedang tidak steril dan jauh dari sumber air. Hand sanitizer memiliki manfaat untuk menurunkan jumlah kuman di tangan Anda.

Banyak yang mempertanyakan apakah hand sanitizer mampu mengusir kuman lebih optimal dibandingkan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir? Jawabannya adalah, ya.

Hal tersebut pun disampaikan oleh dr. Eni Gustina, MPH selaku Direktur Kesehatan Keluarga Kementrian Kesehatan saat ditemui Okezone beberapa waktu yang lalu. Dia mengatakan, mencuci tangan menggunakan air dan sabun bisa membunuh kuman sebanyak 80 persen.

Demikian juga jika menggunakan hand sanitizer, bahan pembersih ini bisa jadi solusi membersihkan tangan saat tidak ada air dan sabun. Namun, penggunaannya terbatas alias tidak bisa digunakan secara terus menerus.

Nah, berarti Anda tak perlu bingung lagi soal pertanyaan lebih bersih mana membersihkan tangan dengan air atau dengan menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol seperti merk Antis dari Enesis.

(Foto: Enesis)
(Foto: Enesis)

Enesis yang merupakan perusahaan yang memperoduksi berbagai produk-produk food suplement, personal care, household care, pharmacy, dan ready to drink ini memiliki produk Antis, pembersih tangan berbasis alkohol (antiseptic waterless hand cleanser), yang efektif membunuh kuman dan bakteri penyebab flu dan diare.

Antis memiliki lima macam variant seperti, antis lime, Antis Cucumber, Antis Fresh Clean Gel, Antis Lucky Charm dan Antis Jasmine Tea. Antis mengandung alkohol aktif 70 persen yang membunuh 99 persen kuman.

Di antaranya seperti E.coli dan S.aureus, Diare, Flu, ISPA, Tifus, Flu Burung, MERS, SARS, TBC dalam empat detik. Antis tidak mengandung irgasan atau triclosan, tapi antis mengandung moisturizer agar tangan tidak kering.

Selain itu, Antis varian Jasmine Tea juga sudah food grade, jadi bisa digunakan untuk peralatan makan dan minum. Sangat pas ketika terpaksa makan dan minum diluar ruamh karena masih beraktifitas diluar.

Semua bahan yang terkandung di dalam pembersih tangan Antis memiliki efek long lasting untuk memberikan perlindungan dari kuman selama dua jam. Antis juga praktis dibawa kemana saja dan kapan saja.

Produk ini sangat mudah didapatkan karena kini sudah tersedia di apotek, toko obat, Indomaret, dan Alfamart terdekat, atau jika Anda tak ingin ke luar rumah bisa memebelinya secara online di berbagai e-commerce dan  Enesis Official Store melalui link berikut ini.

Jadi, jaga kesehatan dirimu dan bersihkan tangan menggunakan Antis hand sanitizer praktis, food grade, dan Kuman pecah mati dalam empat detik.

(CM)

Editor : Rizqa Leony Putri