Yuk, Ikut Grand Launching 4 Pilar Kurikulum dan Modul Literasi Digital!

Rizqa Leony Putri ยท Kamis, 15 April 2021 - 19:37:00 WIB
Yuk, Ikut Grand Launching 4 Pilar Kurikulum dan Modul Literasi Digital!
Peluncuran 4 Pilar Kurikulum dan Modul Literasi Digital. (Foto: dok Kementerian Kominfo)

JAKARTA, iNews.id – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat penting bagi kehidupan manusia. Hal itu karena manusia kerap memanfaatkan teknologi dalam beraktifitas sehari-hari, khususnya di era digital seperti saat ini.

Tak heran, literasi digital kini menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap masyarakat Indonesia dalam mengiringi transformasi digital yang ada. Melalui literasi digital, diharapkan masyarakat dapat berpikir kritis terhadap penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama mitra jejaring GNLD Siberkreasi berupaya membangun strategi dalam memaksimalkan literasi digital, yaitu dengan menyusun sebuah Peta Jalan Literasi Digital periode 2021-2024. Peta tersebut terdiri dari empat kerangka yang meliputi Digital Skills, Digital Safety, Digital Ethics, dan Digital Culture, serta tiga kerangka dalam menyusun program untuk tiga komponen masyarakat, yaitu: Digital Society, Digital Economy, dan Digital Government.

Empat kerangka tersebut kemudian dikembangkan menjadi Modul Literasi Digital yang disusun oleh tim penulis dari Jaringan Pegiat Literasi Digital (JAPELIDI) bersama dengan Tim Literasi Digital Kementerian Kominfo. Pihaknya juga turut melibatkan para pegiat literasi digital GNLD Siberkreasi.

Dengan diterbitkannya modul ini, diharapkan dapat menjadi referansi bagi para narasumber dan peserta dalam mengikuti program literasi digital. Tak ketinggalan, juga sebagai alat pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi masyrakat Indonesia di masa mendatang.

Peluncuran Empat Pilar Kurikulum dan Modul Literasi Digital ini akan dilaksanakan secara serentak pada 16 April 2021 di lima kota, yaitu Surabaya, Tangerang Selatan, Aceh, Yogyakarta, dan Lampung. Agenda ini juga turut disiarkan secara daring melalui YouTube Kemkominfo, kanal Siberkreasi, serta Facebook Page Siberkreasi.

 Peluncuran Modul Literasi Digital Kementerian Komi

Acara ini juga akan dimeriahkan dengan diskusi bertema ‘Makin Cakap Digital untuk Indonesia Maju’ dengan Ketua Umum GNLD Siberkreasi Yosi Mokalu dan Komika Dono Pradana sebagai pemantik diskusi. Tak ketinggalan, sederet tokoh inspiratif yang akan berbagi ilmu dan pengetahuannya, yaitu:

1.    Johnny G. Plate (Menteri Komunikasi dan Informatika) – membahas Digital Skills

2.    Ibu Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur) – membahas Digital Ethics

3.    Nicholas Saputra (Public Figure Literasi Digital) – membahas Digital Safety

4.    Cak Percil (Public Figure Jawa Timur) – membahas Digital Culture

5.    Frida Kusumastuti (JAPELIDI) – penulis modul Digital Ethics

Tak cukup sampai di situ, Kementerian Kominfo juga menggelar acara Kelas Cakap Digital yang juga merupakan rangkaian acara peluncuran Modul Literasi Digital. Kelas yang mengusung tema ‘Tenaga Pendidik Makin Cakap Digital’ bagi 50 orang guru dengan  narasumber sebagai berikut.

1.    Devie Rahmawati (Tenaga Ahli Menkominfo) – Kreatifitas menggunakan teknologi dalam proses belajar mengajar.

2.    Fitria Widiyani Roosinda (Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Surabaya) – Kemahiran menggunakan teknologi dalam proses belajar mengajar.

3.    Aminulloh (KIM MOJO Surabaya) – Informasi masyarakat mengenai TIK.

Tunggu apalagi? Jangan lewatkan Peluncuran Empat Pilar Kurikulum dan Modul Literasi Digital pada Jumat, 16 April 2021 pukul 15.30-18.00 WIB dan segera daftarkan diri melalui link berikut ini s.id/glkurikulumlitdig (CM)

Editor : Rizqa Leony Putri