Zulkifli Hasan Minta Maaf ke Amien Rais: Kursi Melayang karena Orang Luar Terlibat

Antara ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 02:23 WIB
Zulkifli Hasan Minta Maaf ke Amien Rais: Kursi Melayang karena Orang Luar Terlibat

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (ketiga kanan), Ketua MPP PAN Hatta Rajasa (ketiga kiri) dan sejumlah pengurus PAN berfoto bersama usai memberi keterangan pers pada Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (12/2/2020). (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) 2020-2025 Zulkifli Hasan meminta maaf kepada Amien Rais dan rakyat Indonesia terkait pelaksanaan Kongres V PAN yang sempat ricuh. Pria yang akrab disapa Zulhas ini menyebut insiden kursi melayang dalam Kongres V PAN karena ada orang luar terlibat.

Permintaan maaf itu disampaikan Zulhas saat menutup Kongres V PAN yang dilaksanakan di Hotel Claro, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (12/2/2020).

"Tentu dalam perhelatan ini banyak sekali hal-hal yang oleh tim, oleh teman, bahkan mungkin oleh saya. Kadang-kadang juga keluarga yang terbawa terbuka, saya memohon maaf kepada Pak Amin dan Bu Amien dan keluarga atas apa yang terjadi," katanya.

Rasa terima kasih juga disampaikan Zulhas kepada Amien Rais atas penyelenggaraan Kongres V PAN. "Saya juga mengucapkan terima kasih banyak kepada Pak Amien Rais, Bu Amien dan keluarga," ujarnya.

Zulhas mengatakan akan datang menemui Amien Rais di Yogyakarta. "Mudah-mudahan ada kesempatan yang tepat nanti saya akan datang ke Yogya," katanya.

Mengenai insiden kursi melayang, Zulhas menyebut, bagian dari risiko demokrasi. Dalam demokrasi, dia menilai, semua memiliki hak yang sama.

"Risiko demokrasi, boleh mengekspresikan seperti apa. Hanya memang kita sayangkan ada orang luar yang terlibat. Saya kira itu yang membuat kursi-kursi melayang. Karena itu saya minta maaf," ujarnya.

Zulhas meminta semua kader bersatu kembali membangun PAN, agar bisa masuk dalam posisi tiga besar pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 mendatang.

Selain tak hadir pada pembukaan Kongres ke V PAN, yang dilaksanakan di Tugu MTQ Kota Kendari pada Senin (10/2) malam lalu, Amien Rais dan Mulfachri Harahap juga tidak menghadiri acara penutupan kongres.

Editor : Djibril Muhammad