Apple dan BMW Kembangkan Kunci Mobil Digital Lewat Smartphone

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 12:05 WIB
Apple dan BMW Kembangkan Kunci Mobil Digital Lewat Smartphone

Apple menjalin kerja sama dengan BMW mengembangkan teknologi kunci digital lewat smartphone.Apple menjalin kerja sama dengan BMW mengembangkan teknologi kunci digital lewat smartphone. (Foto: Carscoops)

CUPERTINO, iNews.id - Apple baru saja menjalin kerja sama dengan BMW mengembangkan teknologi kunci digital. Melalui teknologi ini membuka dan menyalakan mobil BMW tidak perlu lagi menggunakan kunci konvensional.

Dilansir dari Carscoops, Rabu (24/6/2020), dalam gelaran Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020, Apple mengenalkan iOS 14 di mana salah satunya menghadirkan fungsi kunci digital baru lewat sebuah ponsel pintar.

Fitur CarKey di iPhone atau Apple Watch ini memanfaat teknologi komunikasi jarak dekat (NFC). Pemilik mobil hanya perlu mendekatkan ponsel di dekat pegangan pintu untuk membuka kunci mobil, lalu menempatkan iPhone di tempat telepon untuk menyalakan mesin.

Saat baterai iPhone habis, BMW mengatakan ada fitur cadangan daya di mana ponsel akan tetap berfungsi sebagai kunci hingga lima jam setelah ponsel mati. Jika iPhone hilang, akses kendaraan dapat dicabut melalui layanan cloud Apple, iCloud.

Kabarnya, fitur ini akan tersedia pada BMW Seri 5 mulai Juli 2020 di iPhone yang menggunakan iOS 13. Jadi, tak perlu menunggu versi final iOS 14 yang akan dirilis pada September mendatang.

BMW juga akan menawarkan kunci digital ini sebagai fitur standar di seri 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, X5, X6, X7, X5M, X6M dan Z4 yang diproduksi setelah 1 Juli 2020 di 45 negara.

Editor : Dani Dahwilani