Ban Michelin Tak Lagi Pakai Bahan Plastik, Ini Alasannya

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 12 Maret 2020 - 21:30 WIB
Ban Michelin Tak Lagi Pakai Bahan Plastik, Ini Alasannya

Michelin tidak akan menggunakan pembungkus bahan plastik untuk produk ban mobil dan motor. (Foto: Tyreline)

JAKARTA, iNews.id - Michelin tidak akan menggunakan pembungkus bahan plastik untuk produk ban mobil dan motor. Alasannya, bahan plastik tidak memengaruhi kualitas dan jika dibuang sulit terurai.

"Aturan di luar negeri, ban tidak dibungkus plastik karena pada dasarnya plastik tidak bisa terurai dan membahayakan lingkungan," ujar Head of Consumer and Marketing Product PT Michelin Indonesia, Rosalina Kartika dalam keterangan tertulisnya yang diterima iNews.id, baru-baru ini.

Dia menuturkan, selain untuk ban mobil dan motor 250 cc, perusahaan berencana menghilangkan plastik pembungkus pada semua produknya agar sampah plastik di Indonesia berkurang.

"Saat ini, untuk ban ukuran 13 dan 14, masih dibungkus dengan plastik. Ke depan, kami pastikan semua produk bebas dari plastik karena memang tidak bermanfaat," kata Rosalina.

Menurut Rosalina, kegunaan plastik hanya untuk membungkus, tidak ada pengaruh terhadap tingkat kualitas dan keamanan ban itu sendiri.

"Niat kami ini hanya ingin mengedukasi konsumen untuk tidak menggunakan plastik. Tanpa dibungkus plastik, tidak akan memengaruhi keamanan dan kualitas ban itu sendiri," katanya.

Seperti diketahui, kebanyakan dari ban impor di Indonesia tidak dibungkus dengan plastik. Ban produksi lokal justru masih menggunakan plastik untuk pelapis.

Editor : Dani Dahwilani