Bensin Bisa Basi, Jangan Biarkan Kendaraan Didiamkan Terlalu Lama saat WFH

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 09 April 2020 - 14:30 WIB
Bensin Bisa Basi, Jangan Biarkan Kendaraan Didiamkan Terlalu Lama saat WFH

Bensin basi karena adanya perubahan formula atau komposisi kandungan BBM jika didiamkan terlalu lama. (Foto: Pertamina)

JAKARTA, iNews.id - Kendaraan yang dibiarkan terparkir lama saat menjalani work from home (WFH), bisa meninggalkan berbagai masalah. Salah satunya bahan bakar minyak (BBM) alias bensin basi. Kok bisa?

External Communication Manager Pertamina, Arya Dwi Paramita mengatakan, bensin basi karena adanya perubahan formula atau komposisi kandungan bensin jika didiamkan terlalu lama.

"Kalau dibiarkan terlalu lama, formula yang ada di bensin bisa berubah. Minimal, bensin pada kendaraan jangan dibiarkan mengendap selama 2-3 bulan," ujarnya saat dihubungi iNews.id, Kamis (9/4/2020).

Lantas apa yang seharusnya dilakukan agar bensin di kendaraan tak basi selama masa WFH ini?

Menurut Arya, ada beberapa cara sederhana untuk mencegah bensin cepat basi, yakni mengisi penuh bensin di tangki kendaraan dan menambah zat yang biasa dikenal penstabil bahan bakar.

"Mengisi penuh tangki bisa membuat bensin tak basi karena adanya sedikit ruang udara, di mana bisa meminimalisir kemungkinan kondensasi di dalamnya," ujar Arya.

Dia juga menyarankan untuk tidak memarkirkan kendaraan di luar ruangan yang terkena sinar matahari langsung. Ini akan mempercepat proses kondensasi.

Untuk mencegah bensin cepat basi bisa menggunakan zat penstabil bahan bakar. Namun, zat ini hanya bisa dipakai pada bensin dengan RON tertinggi. Cara pemakaiannya dituangkan terlebih dahulu sebelum mengisi bensin agar manfaatnya optimal. 

Editor : Dani Dahwilani