Cegah Virus Korona, Pengendara Motor Perhatikan Kebersihan Helm

Dani Dahwilani ยท Minggu, 22 Maret 2020 - 06:55 WIB
Cegah Virus Korona, Pengendara Motor Perhatikan Kebersihan Helm

Kebersihan motor dan perlengkapan, seperti helm menjadi kunci terhindar dari virus korona (Covid-19). (Foto: Ride Apart)

JAKARTA, iNews.id - Penyebaran virus korona (Covid-19) di Indonesia semakin masif. Pemerintah pun telah mengimbau masyarakat untuk membatasi aktivitas (social distancing) guna memutus mata rantai virus korona.

Bagi yang terpaksa bepergian dianjurkan tidak menggunakan angkutan umum. Alternatifnya adalah kendaraan pribadi, seperti sepeda motor.

Namun, ini juga tidak menjamin Anda aman dari paparan virus. Kebersihan kendaraan dan perlengkapan, seperti helm menjadi kunci terhindar dari Covid-19.

Lantas langkah apa saja yang bisa dilakukan pengguna motor agar tidak terpapar korona.

1. Jaga Kebersihan Tangan

Tangan merupakan anggota tubuh yang sering bersentuhan dengan kuman, termasuk menjadi media perantara perpindahan virus korona. Menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah mengendarai motor merupakan hal penting untuk menghindari potensi tertular penyakit.

Cucilah tangan di air yang mengalir menggunakan sabun setelah beraktivitas. Jika tidak ada air, bisa menggunakan hand sanitizer

2. Gunakan Masker

Jangan lupa menggunakan masker. Udara di luar sangat rentan terpapar polusi dan virus. Cipratan air liur dari penderita virus korona bisa menularkan penyakit. Masker bisa mencegah virus masuk ke mulut dan hidung Anda.

3. Jaga kebersihan helm

Helm adalah perangkat yang wajib dipakai pengendara motor. Namun, helm bisa menjadi media perantara penularan virus korona jika tidak dijaga kebersihannya.

Kita tidak tahu helm yang digunakan pernah dipakai orang lain atau dipinjam keluarga/teman yang terpapar korona. Untuk mencegah itu, rajin bersihkan helm menggunakan sabun, lap atau semprot dengan spray sanitizer.

Editor : Dani Dahwilani