Ini yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengganti Velg Mobil

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 02 Mei 2020 - 18:50 WIB
Ini yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengganti Velg Mobil

Perhatikan hal ini sebelum mengganti velg mobil (Foto :Gaugemagazine)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu modifikasi yang paling mudah dilakukan modifikator adalah mengganti velg mobil. Meski begitu, mengganti velg mobil tidak boleh asal agar hasilnya maksimal.

"Mengganti velg mobil jangan sembarangan. Kalau salah pilih ukuran bisa celaka dan membuat tidak nyaman," kata pemilik toko velg Setia Motors Cinere, Asril Taher, saat dihubungi iNews.id, Sabtu (2/5/2020).

Asril memberikan beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum mengganti velg mobil

Ukuran

Hal yang pertama harus diperhatikan adalah mempertimbangkan ukuran (diameter) velg. Diameter ban tidak boleh berubah walaupun ukuran velg ditingkatkan. Pasalnya, jika velg dengan ukuran tidak seimbang, membuat kaki pengendara mudah lelah dan membuat roda cepat aus.

Rasio ban

Banyak orang yang memilih velg ban berdiameter besar tapi menggunakan ban yang tipis. Hal itu salah besar karena kemampuan menyerap getaran pada ban akan berkurang.

Desain

Pilihlah velg yang sesuai dengan tipe dan jenis kendaraan. Jika perlu yang harganya masuk akal tapi berkualitas. Jangan percaya velg mahal, namun tidak cocok dengan kendaraan.

Bobot

Bobot velg juga menjadi perhatian lantaran memengaruhi pada sistem pengereman.
Jika bobot velg yang dipilih melebihi standar, pengendara membutuhkan durasi lebih lama saat menghentikan mobil. Dampaknya, mesin jadi bekerja lebih keras dan bensin cepat habis.

Editor : Vien Dimyati