Ketahanan Ban Jadi Pembatas Kecepatan Mobil

Dani M Dahwilani · Minggu, 22 September 2019 - 12:45:00 WIB
Ketahanan Ban Jadi Pembatas Kecepatan Mobil
Selama ini, kecepatan mobil produksi dibatasi tidak lebih dari 300 mph atau 482 km/jam terkait ketahanan ban. (Foto: Carscoops)

PARIS, iNews.id - Salah satu pembatas kecepatan pada kendaraan adalah ban. Selama ini, kecepatan mobil produksi dibatasi tidak lebih dari 300 mph atau 482 km/jam.

Namun, Michelin berhasil memecahkannya dengan membuat ban yang dapat menahan gaya dan panas yang dihasilkan kecepatan tinggi. Ini dibuktikan Michelin pada Chiron Super Sport 300+ yang sukses membukukan rekor tercepat di atas 482 km per jam.

Dilansir dari Carscoops, Minggu (22/9/2019), Michelin mengatakan, pihaknya telah benar-benar menguji ban yang Bugatti kenakan hingga 317 mph (510 km/jam), berarti merek lain seperti Hennessey, Koenigsegg dan SSC dapat mendobrak penghalang 310 mph dengan hypercars mereka.

Andy Wallace, pria yang mengendarai Chiron Super Sport 300+ yang membukukan kecepatan hingga 304,77 mph (490 km/jam) mengatakan, mobil ini masih memiliki beberapa kecepatan yang tersisa.

Namun, Bugatti tidak mendapat pengakuan dari museum rekor dunia (Guinness) untuk mobil produksi tercepatnya karena tidak mencatat rekor kecepatan tertinggi dari dua arah. "Dengan kecepatan itu, berarti Anda menempuh jarak satu kilometer setiap tujuh detik," katanya.

Editor : Dani M Dahwilani

Bagikan Artikel: