Korona Meluas, Panasonic Stop Produksi Baterai Mobil Listrik Tesla

Dani Dahwilani ยท Minggu, 22 Maret 2020 - 08:16 WIB
Korona Meluas, Panasonic Stop Produksi Baterai Mobil Listrik Tesla

Panasonic Corp menyatakan akan menghentikan sementara produksi baterai di perusahaan patungan dengan Tesla Inc, Nevada, Amerika Serikat (AS). (Foto: AFP)

TOKYO, iNews.id - Panasonic Corp menyatakan akan menghentikan sementara produksi baterai di perusahaan patungan dengan Tesla Inc, Nevada, Amerika Serikat (AS) karena wabah virus korona (Covid-19). Langkah ini seiring dengan keputusan Tesla yang akan menutup produksi pada Senin 23 Maret 2020.

Sebelumnya, Tesla sempat menolak perintah menutup sementara operasi. Namun akhirnya mereka bersedia menghentikan produksi di pabrik Fremont dan New York setelah serangkaian pertemuan dengan pejabat lokal, negara bagian serta federal.

Dilansir dari Reuters, Minggu (22/3/2020), perusahaan elektronik Jepang, yang memasok sel-sel baterai untuk kendaraan listrik Tesla, akan mengurangi operasi di fasilitas yang disebut Gigafactory 1 mulai besok selama 14 hari.

Juru bicara Panasonic menolak berkomentar tentang bagaimana penghentian akan mempengaruhi Tesla, yang menghasilkan paket baterai menggunakan sel-sel Panasonic di pabrik Nevada.

TechCrunch, yang pertama kali melaporkan rencana penutupan mengatakan Panasonic memiliki sekitar 3.500 karyawan di pabrik Nevada.

Panasonic mengatakan karyawan pabrik di Nevada yang terkena dampak penutupan akan menerima bayaran penuh dan manfaat selama penghentian produksi. Sementara fasilitas pabrik akan menjalani pembersihan intensif.

Editor : Dani Dahwilani