Logo atau Emblem Mobil Cepat Kusam, Begini Cara Merawatnya

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 24 Mei 2020 - 06:06 WIB
Logo atau Emblem Mobil Cepat Kusam, Begini Cara Merawatnya

Meski masa pandemi Covid-19, sempatkan merawat emblem atau logo agar tidak kusam dan tetap mengilap. (Foto: Peugeot)

JAKARTA, iNews.id - Meski saat ini mobil banyak diam di rumah terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam menghambat penyebaran Covid-19, bukan berati Anda mengabaikan penampilan kendaraan. Salah satu bagian kendaraan yang cepat kusam adalah logo atau emblem mobil.

Membersihkan sisa noda pada bagian dalam celah logo dan emblem tulisan di bodi mobil perlu diperhatikan. Maklum area ini kerap diabaikan sebagian pemilik kendaraan.

Jika diperhatikan, pada area ini banyak ditemukan kotoran, bahkan kerak dan jamur bersarang di celah logo. Kotoran macam itu biasanya muncul pada mobil yang usia pakaianya lebih dari tiga tahun. Cirinya emblem terkesan kusam lantaran sudah berlapis ragam noda.

Namun tidak perlu khawatir, karena ada cara paling mudah untuk pembersihannya dan bisa dilakukan sendiri. Siapkan produk All Purpose Cleaner yang memang diperuntukkan untuk produk otomotif.

“Produk All Purpose Cleaner banyak tersedia di toko perkakas maupun toko variasi dan pusat perawatan mobil. Pastikan tidak pakai obat usir kerak yang biasa dijual di toko kimia,” ujar National Technical Advisor Astra Peugeot, Samsudin dalam keterangan tertulis yang dilansir iNews.id, Minggu (24/5/2020).

Dia menerangkan cairan pembersih yang tidak tepat biasanya mengandung unsur acid. Cairan ini dikhawatirkan akan merusak lapisan krom di logo dan emblem yang terbuat dari metal maupun plastik. Selain itu, siapkan perangkat pendukung, seperti cotton bud serta sikat gigi berbulu halus yang biasa dipakai untuk bayi.

"Jika semua perlengkapan dan material cairan pembersih sudah siap, Anda bisa mengawali membersihkan area sekitar logo dengan air bersih. Lalu semprotkan cairan pembersih secara merata dibagian logo yang akan dibersihkan. Bisa disemprotkan agak banyak jika kotoran dirasa terlalu tebal," kata Samsudin.

Untuk proses perontokkan kerak, lanjut dia, bisa dimulai dengan menggosokan sikat gigi bayi agar permukaan bodi tidak mudah tergores. Lakukan secara perlahan dan jangan ditekan terlalu keras.

“Tapi jika masih ada kotoran yang melekat di celah kecil, barulah gunakan cotton bud dengan cara yang sama untuk menjangkaunya,” ujarnya.

Setelah terlihat agak bersih, proses berikutnya adalah membilas bekas kotoran dengan air bersih. Lakukan berulang hingga kerak dan jamurnya benar-benar hilang. Jika masih punya waktu, trik ini juga bisa dilakukan pada grill atau part-part berlapis krom lainnya di mobil.

Editor : Dani Dahwilani