Pasang Ban Baru, Perhatikan Kode Warna untuk Posisi Pentil

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 05 April 2020 - 07:42 WIB
Pasang Ban Baru, Perhatikan Kode Warna untuk Posisi Pentil

Perhatikan kode warna pada ban sebagai panduan penempatan posisi pentil, sehingga kendaraan tidak bergetar dan seimbang. (Foto: YouTube/Auto Repair Guys)

JAKARTA, iNews.id - Memasang ban baru selain di toko dan bengkel, juga bisa dilakukan sendiri. Namun, memasang ban tidak boleh sembarangan.

Perhatikan kode warna pada ban sebagai panduan saat akan menempatkan pentil. Di mana letaknya?

Manager Training Dunlop, Bambang Hermanu Hadi menerangkan, biasanya pada ban ada kode titik merah dan kuning. Untuk pemasangan ban baru perhatikan warna kuning untuk penempatan pentil.

"Kuning itu titik paling ringan dalam lingkaran ban. Pentil memiliki berat, jika disatukan titik beratnya akan saling menutupi sehingga balance," ujarnya, saat berbincang dengan jurnalis, beberapa waktu lalu.

Lalu bagaimana bila sudah dipasang ternyata ban bergetar? Bambang menjelaskan ini biasanya terjadi pada ban yang sudah botak diganti dengan yang baru. Jika setelah dipasang ban bergetar segera lepas. Selain kode kuning perhatikan kode warna titik merah.

"Kita tarik garis titik merah ke setengah pelek. Gunakan spidol atau kapur, sehingga ada tandanya di pelek. Kita putar 180 derajat. Setelah itu getarnya akan hilang insya Allah," kata Bambang.

Editor : Dani Dahwilani

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua