Pasang Ban Mobil Beda Merek, Ini 3 Hal Harus Diperhatikan 

Riyandy Aristyo · Jumat, 22 Januari 2021 - 08:03:00 WIB
Pasang Ban Mobil Beda Merek, Ini 3 Hal Harus Diperhatikan 
Mengganti ban mobil tidak boleh sembarangan agar tidak terjadi hal buruk pada kendaraan dan penumpang saat berkendara. (Foto: Autoblog)

JAKARTA, iNews.id - Ban menjadi komponen paling penting pada kendaraan karena bersentuhan langsung dengan jalan. Makin sering dikendarai, karet ban mobil akan semakin tipis dan harus diganti. 

Lantas, bolehkah mengganti ban baru beda merek? Dikutip dari Auto2000, Jumat (22/1/2021), mengganti ban mobil tidak boleh sembarangan agar tidak terjadi hal buruk pada kendaraan dan penumpang saat berkendara. 

Disarankan untuk menggunakan ban baru dengan merek dan jenis sama. Tapi, dikondisi tertentu, pemilik kendaraan boleh memakai ban mobil dari jenis atau merek berbeda. Namun, ada hal yang harus diperhatikan. 

1. Ukuran Ban 

Walaupun memakai ban dengan merek berbeda, usahakan ukuran ban tidak boleh beda atau disamakan dengan ban yang dipakai sebelumnya. Jika ukurannya berbeda, berisiko kendaraan sulit dikendalikan. 

2. Jenis Ban 

Tak hanya itu, pemilik mobil juga boleh menggunakan ban depan dan belakang berbeda merek, asal jenis yang digunakan sama. Jangan sampai ban mobil berjenis city car diganti dengan off-road. 

3. Dipasang satu poros 

Mengganti ban mobil tidak boleh satu, minimal sepasang. Pemasangannya pun harus satu poros (kiri-kanan).  

Demikian pula ban beda merek diperbolehkan asal dipasang di poros sama. Memasang ban beda merek atau model pada poros berbeda akan membuat mobil tidak seimbang, karena cengkraman antara ban baru dan lama berbeda.

Editor : Dani M Dahwilani