Perusahaan Otomotif Berlomba Kembangkan Chatbot, Robot Virtual Komunikasi dengan Pelanggan
JAKARTA, iNews.id - Di tengah pandemi Covid-19, perusahaan yang mengikuti era baru dengan bertranformasi ke digital mampu bertahan dan berkembang. Tak terkecuali di industri otomotif.
Salah satu layanan yang dikembangkan perusahaan otomotif adalah teknologi Chatbot. Apa itu chatbot? Ya, chatbot adalah nama lain dari chatterbot, yakni layanan obrolan robot atau tokoh virtual dengan teknologi Artificial Intelligent (AI) alias kecerdasan buatan.
Chatbot dapat menirukan percakapan manusia, baik melalui pesan suara, obrolan teks atau keduanya untuk berkomunikasi dengan pelanggan.
Dilansir dari berbagai sumber, di Indonesia, beberapa pelaku otomotif sudah menggunakan teknologi chatbot dalam memaksimalkan layanannya di tengah pandemi Covid-19. Mereka antara lain Toyota dengan nama chatbot Tarra (Toyota Interactive Virtual Assistant); Auto2000 chatbot Tasia; Astra Honda chatbot Amanda dan sebagainya.
Salah satu perusahaan yang mengembangkan teknologi ini adalah Qontak, korporasi di bidang Omnichannel and CRM. Fitur Chatbot Qontak dibuat untuk meningkatkan kualitas customer service (CS) di sejumlah perusahaan.
Ini yang dimanfaatkan banyak perusahaan untuk memaksimalkan layanan di masa pandemi yang meminimalkan kontak fisik. Apa keunggulan chatbot?
Melalui kecerdasan buatan (AI), chatbot mampu merespons lebih dari 1.000 permintaan pelanggan yang masuk dari Instagram, WhatsApp, Facebook, Line, Telegram dan lainnya dalam waktu cepat.