Perusahaan Otomotif Berlomba Kembangkan Chatbot, Robot Virtual Komunikasi dengan Pelanggan
Chatbot memiliki kelebihan dapat menghilangkan tugas berulang yang CS miliki sehingga mereka dapat fokus pada pekerjaan lebih mendesak seperti menangani keluhan. Selain CS, Chatbot Qontak juga dimanfaatkan sebagai media promosi atau marketing untuk menarik pelanggan bertransaksi.
Chatbot dapat beroperasi selama 24 jam sehingga pelanggan akan memperoleh layanan kapanpun mereka butuhkan. Chatbot dapat mengirimkan pesan otomatis. Isi pesan tersebut disesuaikan dengan pertanyaan dan permintaan yang sering ditanyakan pelanggan.
Chatbot juga dapat mengirimkan pesan berupa diskon, kupon belanja, produk, jasa terbaru, dan sebagainya. Pesan tersebut dikirimkan serentak kepada ribuan pelanggan dengan minat yang sama melalui WhatsApp Broadcast atau WhatsApp Blast.
Chatbot dapat menerima order, booking, dan mengumpulkan data. Sistem pada chatbot dapat merekam data minat pelanggan yang akan diolah menjadi wawasan (insight). Informasi tersebut digunakan sebagai bahan menyusun strategi sesuai dengan minat pelanggan.
Perusahaan dapat memanfaatkan Chatbot untuk mengumpulkan feedback langsung dari pelanggan. Adanya fitur foto dan video langsung membuat feedback lebih menarik
Teknologi ini tidak hanya dapat menekan pengeluaran namun meningkatkan produktivitas meskipun perusahaan sedang menerapkan working from home (WFH).
Editor: Dani M Dahwilani