Pilih Sarung Tangan yang Cocok bagi Bikers di saat Pandemi Covid-19

Riyandy Aristyo ยท Senin, 27 April 2020 - 11:25 WIB
Pilih Sarung Tangan yang Cocok bagi Bikers di saat Pandemi Covid-19

Sarung tangan yang cocok digunakan bikers di masa Covid-19 adalah tertutup dan berbahan nyaman. (Foto: Importir)

JAKARTA, iNews.id - Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah membuat pengendara motor wajib memakai helm dan masker. Selain kedua perlengkapan tadi, pengendara juga diimbau untuk menggunakan sarung tangan guna mencegah terpapar virus corona (Covid-19).

Lantas, sarung tangan seperti apa yang cocok dipakai untuk pengendara motor saat pandemi Covid-19 ini?

Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana mengatakan, sarung tangan yang cocok digunakan bikers di masa Covid-19 adalah tertutup dan berbahan nyaman. Bukan berbahan latex atau plastik karena akan licin.

"Pilih sarung tangan dengan bahan yang enak dipakai. Tak perlu mahal, yang penting nyaman," kata Sony, saat dihubungi iNews.id, Senin (27/4/2020).

Menurut Sony, bahan-bahan dasar membuat sarung tangan punya karakter berbeda. Misalnya bahan kain cocok dipakai saat musim panas agar mampu menyerap keringat. Untuk musim dingin, pakailah sarung tangan berbahan kulit.

"Untuk sarung tangan berbahan kain biasanya lebih lentur. Kalau yang berbahan kulit karakternya kaku tapi lebih aman untuk melindungi dari gesekan, karena bahannya lebih tebal," ujar Sony.

Sony menyarankan pakai sarung tangan yang tidak terlalu ketat agar tidak menghambat sirkulasi darah dan harus melindungi seluruh bagian tangan dari ujung jari hingga pergelangan tangan.

"Pilihlah sarung tangan yang terdapat pelindung tulang agar dapat melindungi tangan secara maksimal. Dianjurkan pemilihan sarung tangan yang menutupi seluruh bagian tangan," katanya. 

Editor : Dani Dahwilani