Salah Pilih Cover Mobil Cat Bisa Rusak, Ini yang Harus Diperhatikan

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 27 Mei 2020 - 13:45 WIB
Salah Pilih Cover Mobil Cat Bisa Rusak, Ini yang Harus Diperhatikan

Sebaiknya pemilik kendaraan mencari tahu dahulu bahan serta kualitas cover mobil yang baik, agar tidak berisiko merusak eksterior mobil. (Foto: Indiamart)

JAKARTA, iNews.id - Cover atau penutup mobil sangat berguna bagi kendaraan yang biasa diparkir di ruang terbuka. Selimut mobil ini berfungsi melindungi dari sinar matahari maupun debu.

Namun, saat membeli cover mobil tidak boleh sembarangan. Apa saja yang harus diperhatikan?

Pengamat otomotif dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu menjelaskan, sebaiknya pemilik kendaraan mencari tahu dahulu bahan serta kualitas cover mobil yang baik, agar tidak berisiko merusak eksterior mobil.

"Pemilik kendaraan harus jeli dalam memilih sarung mobil agar tidak berubah fungsinya, seharusnya melindungi, justru membuat eksterior mobil cepat rusak," katanya, saat dihubungi iNews.id, Rabu (27/5/2020).

Jusri menyarankan untuk memilik cover mobil dengan bahan berpori, tahan air dan lapisan dalamnya lembut. Jangan sekali-kali memakai yang berbahan terpal, karena akan merusak cat mobil.

"Kalau mau ditutup sarung, pilih bahan yang berpori-pori, tahan air dan lapisan bagian dalamnya lembut, ini bagus. Ingat, jangan pakai yang bahannya terpal. Bahannya tipis, tidak tahan air dan bisa menempel di cat mobil," ujarnya.

Tak hanya itu, pastikan juga selubung yang dipakai itu sesuai dengan dimensi bodi kendaraan. Jika ukuran cover terlalu kecil, ada bagian sisi bodi bagian bawah yang tidak tertutupi, sehingga bisa terkena cipratan air hujan atau debu.

"Sebaiknya cari sarung kendaraan yang sesuai dengan ukuran kendaraan. Jika ukuran yang dipilih lebih kecil, khawatir bagian bawah tidak tercover. Sementara kalau terlalu besar, kemungkinan cover tidak terpasang dengan presisi dan bisa terlepas atau terangkat saat terkena angin kencang," katanya. 

Editor : Dani Dahwilani