Seperti Mobil, Piaggio Akan Pasang Airbag di Motor

Bertold Ananda · Selasa, 09 November 2021 - 08:02:00 WIB
Seperti Mobil, Piaggio Akan Pasang Airbag di Motor
Piaggio Group menandatangani kerja sama dengan Autoliv mengembangkan sistem airbag pada kendaraan roda dua. (Foto: Piaggio)

JAKARTA, iNews.id - Sistem keselamatan pengendara airbag atau kantong udara menjadi fitur safety yang wajib disematkan pada mobil. Di mana airbag akan mengembang untuk melindungi pengedara dari benturan saat terjadi tabrakann. 

Namun, untuk sepeda motor menjadi sesuatu yang baru. Sejauh ini solusi keamanan airbag sepeda motor pertama kali diterapkan pada Honda Gold Wing pada 2006. 

Menyusul Honda, Piaggio Group mengumumkan akan memasang teknologi ini pada motornya. Ini setelah Piaggio menandatangani kerja sama dengan Autoliv mengembangkan sistem airbag pada kendaraan roda dua. 

Dilansir dari Ride Apart, Selasa (9/11/2021), tidak ada rincian lebih lanjut yang diumumkan kedua perusahaan tersebut selain pernyataan “airbag akan dipasang pada rangka kendaraan dan akan mengembang dalam milidetik.” 

Grup Piaggio yang mencakup merek Piaggio, Vespa, Aprilia, dan Moto Guzzi, bersama Autoliv telah mengembangkan konsep pertamanya dan telah melakukan uji tabrak skala penuh.  

Peranti keselamatan nantinya akan fokus pada potensi komersialisasi di masa depan. 

"Autoliv berkomitmen pada visi kami untuk menyelamatkan lebih banyak nyawa dan menyediakan solusi penyelamatan jiwa kelas dunia untuk mobilitas dan masyarakat. Sebab itu, kami mengembangkan produk yang secara khusus melindungi pengguna jalan yang rentan," ujar Presiden dan CEO Autoliv Mikael Bratt dalam pernyataannya. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: