Sistem Pelumas Bermasalah, Ungkap Penyakit pada Mesin dengan Menganalisis Grease

Dani M Dahwilani · Kamis, 23 Juni 2022 - 14:51:00 WIB
Sistem Pelumas Bermasalah, Ungkap Penyakit pada Mesin dengan Menganalisis Grease
Kiri-Kanan: Market Development PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) Sri Adinegara, President Director EMLI Syah Reza dan Field Engineering Service General Manager EMLI Blasius Setiawan. (Foto: Dok/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id – Grease (gemuk) merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan operasional mesin kendaraan. Ini termasuk alat-alat di berbagai lini industri termasuk pertambangan dan manufaktur. 

Direktur Perkumpulan Tenaga Ahli Alat Berat (Pertaabi) Rochman Alamsjah mengatakan, grease merupakan komponen krusial pada sistem pelumas terkait dengan produktivitas, efisiensi, keawetan suku cadang pada mesin (engine) dan alat berat. 

"Seperti dalam kehidupan, grease sebagai suplemen agar lebih sehat yang diperlukan oleh mesin. Dengan adanya grease, komponen tidak cepat aus. Jika rusak proses perbaikannya panjang, sehingga komponen ini (grease) tidak bisa dianggap remeh terkait dengan lubricant system," ujar Rochman dalam Continuous Collaboration MobilErv Grease Analysic Topic and Business Talk di Jakarta, Kamis (23/6/2022). 

Sebab itu, lanjut dia, penting mengetahui kualitas dan mengidentifikasi penggunaan grease pada alat-alat tersebut, karena berdampak pada kinerja, hasil, serta umur komponen yang digunakan. Sistem analisa grease diperlukan untuk mendukung dan memaksimalkan kegiatan operasional.

Melihat kebutuhan tersebut, PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) mengembangkan laboratorium analisa pelumas Mobil ServSM di Indonesia. Presiden Direktur PT EMLI, Syah Reza mengungkapkan, mobil ServSM Grease Analysis adalah layanan sistem pengujian grease. Layanan ini sangat berguna untuk mengetahui informasi dan mengidentifikasi permasalahan pada grease yang digunakan.

"Ini merupakan terobosan baru dari Mobil ServSM untuk membantu para pelaku industri dalam memaksimalkan penggunaan grease pada alat-alat yang digunakan," katanya. 

Layanan ini sama dengan yang dilakukan untuk layanan pengujian pelumas. Manfaatnya telah dirasakan pengguna layanan Mobil ServSM.

"Layanan baru ini sebagai bentuk komitmen kami dalam memahami kebutuhan pelaku industri yang kian hari butuh dukungan dalam perawatan alat-alat industri. ServSM dapat memberikan dampak positif, tidak hanya dalam jangka pendek, namun jangka panjang terkait kelangsungan bisnis dan operasional, sehingga target dapat diraih secara maksimal,” ujarnya.

Field Engineering Service General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, Blasius Setiawan menambahkan, Mobil ServSM Grease Analysis memungkinkan para pengguna grease mendapatkan informasi awal mengenai potensi terjadinya permasalahan atau peringatan dini mengenai performa grease, sehingga dapat menyesuaikan penjadwalan kegiatan pemeliharaan, demi mengurangi risiko kegagalan pada unit produksi kritikal. 

"Ini juga dapat membantu meningkatkan masa pakai komponen dan pengurangan suku cadang, yang juga akan berdampak pada biaya perawatan," katanya.

Adapun beberapa jenis uji yang dilakukan dalam menganalisa sampel grease, meliputi grease thief index, water, color, ferrous particles, infrared, dan trace metals.

Editor : Dani M Dahwilani

Bagikan Artikel: