7 PO Bus dengan Trayek Terjauh di Indonesia, Nomor 1 Tempuh Perjalanan 3.000 Km Selama Seminggu

Tangguh Yudha · Jumat, 17 Juni 2022 - 17:58:00 WIB
7 PO Bus dengan Trayek Terjauh di Indonesia, Nomor 1 Tempuh Perjalanan 3.000 Km Selama Seminggu
Perusahaan otobus (PO bus) di Indonesia ada yang memilki trayek hingga ribuan kilometer dan memakan waktu perjalanan berhari-hari.  (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Bus menjadi transportasi yang banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk bepergian antar kota antar provinsi (AKAP). Meski sempat terseok akibat kalah bersaing dengan pesawat murah, namun mereka kembali tumbuh dengan pelayanan lebih baik. 

Menariknya di antara perusahaan otobus (PO bus) ada yang memilki trayek hingga ribuan kilometer. Penumpang pun harus melalui perjalanan hingga berhari-hari.

Lalu, PO bus mana saja yang memiliki trayek terjauh di Indonesia. Dirangkum dari berbagai sumber berikut deretannya. 

1. PO Bus ALS

Antar Lintas Sumatera (ALS) merupakan PO bus asal Mandailing, Sumatera Utara yang berdiri pada 1966. ALS dikenal dengan rekor trayek terjauh di Indonesia. Bus ini dikenal sebagai raja jalanan dan paket dari Sumatera. 

Trayek terjauh ALS adalah Medan-Jember dengan jarak sekitar 3.000 km. Perjalanan bus ini memakan waktu seminggu dan bahkan lebih.

2. PO PMTOH

Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan (PMTOH) merupakan salah satu PO bus tertua di Indonesia. Bus yang berdiri sejak 1957 ini melayani trayek dari ujung Sumatera hingga Jawa. Bus asal Banda Aceh ini bersanding dengan bus-bus terkenal lainnya. Rute terjauh bus tersebut adalah Medan-Solo dengan jarak tempuh 2.524 km dan waktu tempuh 55 jam.

3. PO Putra Pelangi

PO Putra Pelangi dikenal sejak 1990-an dengan nama Pelangi. Bus ini memiliki rute terjauh Banda Aceh-Jakarta dengan jarak tempuh 2.524 km dan waktu tempuh yang dibutuhkan 55 jam.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda