Suka Ganti atau Campur Oli Beda Merek, Awas Mesin Bisa Lecet

Riyandy Aristyo · Rabu, 20 Januari 2021 - 15:21:00 WIB
Suka Ganti atau Campur Oli Beda Merek, Awas Mesin Bisa Lecet
Alasan lebih hemat, banyak pemilik kendaraan mengganti oli berbeda merek dan spesifikasi, bahkan mencampurnya. (Foto: Dok/Mobil Lubricants)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu perawatan rutin pada mobil adalah mengganti oli alias pelumas. Banyak pemilik kendaraan menggunakan oli berbeda-beda baik merek maupun spesifikasi. Bahkan, ada yang dicampur. 

Apakah ini berpotensi terjadi kerusakan mesin? Pemilik bengkel mobil Top Speed Depok, Stanley Junior menjelaskan, pemilik mobil tergiur dengan oli mesin lebih murah, namun tidak sesuai dengan spesifikasi mobil.

"Salah pemahaman sih kalau sering ganti-ganti merek oli hanya karena harganya murah. Apalagi kalau sampai di campur. Efeknya negatif ke mesin," ujarnya, saat dihubungi iNews.id, Rabu (20/1/2021).

Stanley menuturkan anggapan beberapa orang mencampur oli akan jauh lebih hemat. Padahal, kedua oli tersebut punya kandungan kimia berbeda yang tidak diketahui banyak orang.

"Kalau oli dicampur mungkin anggapannya akan lebih hemat. Kedua oli itu kan punya kandungan kimia yang kita tidak tahu spesifikasinya. Reaksi apa yang ditimbulkan kita juga tidak tahu. Zat aditifnya berbeda," katanya.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2