Syarat Perpanjangan SIM Terbaru 2021

Riyandy Aristyo · Senin, 11 Januari 2021 - 23:59:00 WIB
Syarat Perpanjangan SIM Terbaru 2021
Pemohon wajib mempersiapkan sejumlah dokumen penting, seperti foto copy KTP, SIM A/C lama dan surat keterangan sehat. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Syarat mengemudikan kendaraan baik mobil maupun sepeda motor adalah harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Jika masa berlaku SIM akan habis segera diperpanjang. 

Lantas, apa saja syarat-syarat yang dibutuhkan dalam memperpanjang SIM? Sebelum memperpanjang SIM, pemohon wajib mempersiapkan sejumlah dokumen penting, seperti foto copy KTP (Kartu Tanda Penduduk), SIM A/C lama dan surat keterangan sehat. 

Surat keterangan sehat bisa dilakukan di puskesmas maupun klinik dokter. Namun, di outlet pembuatan SIM, biasanya disediakan tempat untuk tes kesehatan. 

Setelah semua perlengkapan terkumpul, pemohon di arahkan ke kasir dengan menyerahkan semua dokumen sekaligus biaya pembuatan SIM A Rp80.000 dan C Rp75.000. 

Kemudian pemohon diminta menunggu di ruang tunggu sampai dipanggil petugas untuk foto, tanda tangan digital, cap sidik jari jempol dan telunjuk. 

Editor : Dani Dahwilani

Halaman : 1 2