Tips Merawat Ban Mobil bagi Pengemudi Taksi Online

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 05 April 2020 - 23:03 WIB
Tips Merawat Ban Mobil bagi Pengemudi Taksi Online

Aktivitas mengemudi dengan waktu serta jarak tempuh yang panjang membutuhkan perawatan khusus dibandingkan kendaraan biasa. (Foto: Hankook Tire)

JAKARTA, iNews.id — Di saat wabah virus corona (Covid-19), layanan taksi online menjadi salah satu pilihan bepergian menghindari keramaian seperti transportasi umum. Bahkan, jauh sebelum situasi ini, layanan taksi online telah menjadi preferensi alternatif transportasi, terutama bagi masyarakat di kota-kota besar.

Aktivitas mengemudi dengan waktu serta jarak tempuh yang panjang membutuhkan perawatan khusus dibandingkan kendaraan biasa. Penggunaan harian mobil yang tinggi berpotensi menurunkan performa mobil lebih cepat, baik mesin maupun komponen-komponen pendukung terutama ban.

Sebagai komponen ban harus diperhatikan dan dirawat. Namun, seringkali pengguna memaksakan ban sampai ban aus bahkan botak. Risiko terbesar dari meningkatnya keausan ban pecah.

Presiden Direktur Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin menyarankan para pengemudi taksi online untuk memeriksa kondisi ban secara rutin. Dia pun memberi tips merawat ban agar awet dipakai dengan penggunaan intensitas waktu yang panjang.

Pertama, kenali cara berkendara. "Jika Anda sering ngerem mendadak dan melewati tikungan tajam, ban akan lebih cepat aus," ujarnya, dalam keterangan tertulis dilansir iNews.id, Minggu (5/4/2020).

Kedua, lanjut dia, kenali medan jalan di wilayah operasi. Iklim Indonesia yang tropis, membuat aspal di kota-kota besar cepat panas sehingga mempercepat keausan.

Ketiga, Shin menyarankan agar para pengemudi taksi online rutin mengecek tekanan angin dan menukar posisi ban setelah menempuh perjalanan 5.000 hingga 10.000 kilometer. Ini agar kondisi ban depan dan ban belakang sama serta seimbang.

Namun, untuk menjaga keseimbangan ban mobil secara lebih maksimal, pengemudi dapat membawa mobil ke bengkel rutin untuk balancing dan spooring.

Di samping perawatan, jenis ban yang digunakan juga harus diperhatikan sesuai dengan tipe mobil. Ban eco adalah pilihan tepat bagi armada taksi online yang sebagian besar menggunakan mobil tipe Low Cost Green Car (LCGC) dan Low Multi-Purpose Vehicle (Low MPV).

Ban eco memprioritaskan efisiensi bahan bakar karena konstruksinya dirancang memiliki rolling resistance yang rendah agar mobil bisa melaju tanpa mengeluarkan tenaga mesin besar. Ban eco juga memiliki harga jual yang terjangkau sehingga para pengemudi dapat menghemat pengeluaran untuk mobil.

Editor : Dani Dahwilani