4 SUV Bekas Seharga Rp50 Jutaan Incaran Kolektor, Nomor 3 Dilapisi Baja

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 01 April 2020 - 21:25 WIB
4 SUV Bekas Seharga Rp50 Jutaan Incaran Kolektor, Nomor 3 Dilapisi Baja

Banyak penggemar fanatik dan kolektor mobil berburu SUV bekas di rentang harga Rp50 jutaan. (Foto: Instagram @skinmalang)

JAKARTA, iNews.id - Pasar otomotif Indonesia masih didominasi segmen Multi Purpose Vehicles (MPV). Meski begitu, tren penggemar Sport Utility Vehicle (SUV) terus tumbuh.

Ini lantaran mobil jenis ini punya desain gahar dan tangguh di segala medan khususnya off road. Ini menbuat model kendaraan tersebut enak diajak ke mana saja.

Bagi mereka yang memiliki dana terbatas atau memang suka mobil lawas untuk koleksi, deretan SUV bekas di Indonesia sangat berlimpah. Meski seken, tak membuat kemampuannya melibas jalur off-road menurun.

Tak heran, banyak penggemar fanatik dan kolektor berburu mobil jenis ini. Berikut SUV bekas dengan harga Rp50 jutaan dirangkum iNews.id dari situs jual beli mobil online:

1. Suzuki Katana

Foto: Car Throttle/Suzuki
Foto: Car Throttle/Suzuki

 

Suzuki cukup terkenal dengan beberapa mobil offroad-nya sebut saja Suzuki Katana. SUV ini punya sejarah panjang di industri otomotif Indonesia. Karena mengusung kapasitas mesin kecil, Suzuki Katana terkenal sebagai mobil yang irit bahan bakar.

Suzuki Katana menggunakan mesin bertipe F10A SOHC, 4-silinder segaris, 8-katup dengan kapasitas mesin 1.000 cc. Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut sebesar 48 hp dengan torsi maksimum 74 N yang mengalir ke transmisi manual 5-percepatan.

Di pasaran, Suzuki Katana bekas dibanderol antara Rp50 juta hingga Rp55 juta tergantung kondisi kendaraan dan kelengkapan surat-surat.

2. Suzuki Side Kick

Foto: Price Price
Foto: Price Price

 

Selain Katana, Suzuki juga punya SUV seharga Rp50 jutaan, yakni Suzuki Side Kick. Selain bisa menampung banyak penumpang, SUV ino dikenal cukup tangguh sebagai kendaraan yang bisa melintasi segala medan.

Suzuki Side Kick merupakan versi SUV ekonomis berbasis Vitara dan Escudo. Jika Vitara menggunakan penggerak empat roda (4WD), maka Side Kick menggunakan penggerak roda belakang (RWD) mirip Escudo.

Urusan jantung pacu, Suzuki Sidekick mengusung mesin 1.6L, 4-silinder segaris, berbahan bakar bensin. Sistem asupan bensinnya MPI (Multi-Port Fuel Injection) dan sanggup menghasilkan tenaga sebesar 95 hp dan torsi puncaknya mencapai 98 Nm.

3. Opel Blazer

Foto: Cardomain
Foto: Cardomain

 

SUV lawas yang juga banyak dicari pecinta mobil offroad, adalah Opel Blazer. Mobil ini cukup menarik karena dipegang oleh tiga pabrikan besar. Desain eksterior dan interiornya dipegang Chevrolet, brandnya merupakan merek pabrikan asal Jerman dan performanya ditangani Holden, GM Australia.

Hanya ada empat model Opel Blazer yang beredar di Indonesia yakni Blazer DOHC lansiran 1996 yang memiliki ciri khas lampu kotak bergaya American Style, dan Blazer DOHC LT (Luxury Touring) produksi 1997.

Blazer generasi kedua atau facelift produksinya di mulai pada 1999 hingga 2002. SUV ini biasa disebut Blazer lampu sipit, karena lampu utamanya lebih sipit dibanding versi sebelumnya.

Opel Blazer memang didesain untuk memberikan keamanan, kenyamanan, dan kemewahan yang lebih di kelasnya. Karena itu, Blazer disematkan dua lapis baja pada bagian bodi, sehingga membuat bobot mobil ini mencapai lebih dari 2 ton.

Demi membuatnya lebih kompetitif dan irit bahan bakar, GM menggunakan mesin Holden berkapasitas 2.200 cc Multi Port Fuel Injection dari Australia dengan konsumsi bahan bakar antara 1:8 km/liter dan 1:10 km/liter.

Soal harga, di beberapa situs jual beli mobil bekas online, mobil ini dibanderol antara Rp53 juta hingga Rp65 jutaan tergantung kondisi. 

4. Daihatsu Feroza

Foto: Harga Daihatsu
Foto: Harga Daihatsu

 

Secara tampilan, Daihatsu Feroza mirip dengan saudara-saudaranya, yakni Daihatsu Taft dan Daihatsu Rocky. Maka itu, SUV ini sangat digemari kalangan anak-anak muda di zamannya.

Daihatsu Feroza sempat hadir dalam tiga generasi, yakni pada 1993 hingga 1996, diperkenalkan Daihatsu Feroza. Kemudian Feroza Special Edition di era 1996 sampai 1998, dan yang terakhir adalah Feroza G2 yang diproduksi antara 1996 sampai 1999.

Sejak awal diperkenalkan, Daihatsu Feroza menjadi kendaraan yang mampu mengatasi medan-medan berat, jalanan menanjak, berbatu, berlumpur, dan juga off-road. Modelnya juga terlihat sporty dan timeless.

Mengusung mesin bertipe HD-C berkapasitas 1.6 liter, 4-silinder segaris, 16 katup SOHC, Feroza standar dan special edition bertenaga maksimal 94,3 hp dan torsi 128 Nm.

Sementara untuk tipe Feroza tipe G2, tenaga maksimalnya mencapai 85,5 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi mencapai 126 nm di putaran mesin 3.600 rpm.

Meski masuk ke dalam segemen mobil off-road, Daihatsu Feroza ternyata hanya memiliki 2 penggerak roda belakang (RWD), sehingga menjadikan Feroza mendapat julukan jip banci seharga Rp50 juta hingga Rp60 juta.

Editor : Dani Dahwilani