5 APM Jepang Kolaborasi Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik, Apa Merek Lain Boleh Gabung?

Dani M Dahwilani ยท Jumat, 29 Juli 2022 - 10:24:00 WIB
5 APM Jepang Kolaborasi Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik, Apa Merek Lain Boleh Gabung?
(Kiri-Kanan) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, dan Gubernur Bali I Wayan Koster. (Foto: Dok/ iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Lima Agen Pemegang Merek (APM) Jepang di Indonesia berkolaborasi dalam Joint Project - EV Smart Mobility di Bali. Langkah ini untuk mendorong pengembangan infrastruktur elektrifikasi serta mengakselerasi kendaraan listrik di Indonesia.  

Bagaimana dengan APM lain, apakah mereka bisa bergabung? Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengungkapkan, EV Smart Mobility – Joint Project merupakan sebuah proyek besar pengembangan ekosistem elektrifikasi terintegrasi yang diinisiasi lima brand otomotif, yaitu Toyota, Mitsubishi, Fuso, Isuzu, dan Nissan.

Dia menjelaskan kerja sama ini dibuat atas komitmen bersama mendukung pemerintah dalam upaya pengurangan emisi karbon, melalui popularisasi kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Jika ada APM lain yang ingin bergabung pihaknya masih membuka pintu.

"Melalui kolaborasi ini pihaknya ingin mempopulerkan elektrifikasi dan men-suport pemerintah dalam menekan emisi karbon, serta mendorong kendaraan listrik. Kami memiliki komitmen sama, bagaimana mengakselarasi kendaraan listrik. Dengan ini kami sangat welcome bagi APM mana pun yang memiliki hal sama mempopulerkan elektrifikasi ikut bergabung," ujarnya di Nusa Dua, Bali, Rabu (28/7/2022).

Henry mengungkapkan, tidak menutup kemungkinan kolaborasi lima APM ini akan dilanjutkan di daerah lain Indonesia atau secara nasional. Jika kerja sama ini berjalan baik bisa dilakukan jangka panjang, termasuk bentuk-bentuk kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Sementara itu, Representative Joint Project, Naoya Nakamura dipilihnya Bali sebagai lokasi proyek pertama pengembangan ekosistem elektrifikasi, selain untuk mendukung eco-tourism di wilayah Bali yang menjadi arah pengembangan sektor wisata nasional ke depan, juga sebagai upaya berkontribusi menyukseskan penyelenggaraan G-20 summit.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda