5 Tips Berkendara Aman, Disalip Sopir Ugal-Ugalan Ini yang Harus Anda Lakukan

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 17 Juni 2020 - 15:15 WIB
5 Tips Berkendara Aman, Disalip Sopir Ugal-Ugalan Ini yang Harus Anda Lakukan

Jika menemukan pengemudi lain ugal-ugalan, asumsikan mereka akan membuat kesalahan sehingga Anda waspada. (Foto: AARP)

JAKARTA, iNews.id - Memasuki masa transisi New Normal, wilayah Jakarta dan sekitarnya sudah terjadi kepadatan kendaraan. Agar terhindar dari kecelakaan, pengemudi wajib meningkatkan kewaspadaan saat berkendara, baik roda empat maupun roda dua.

Bagaimana berkendara aman? Pengamat otomotif dan instruktur keselamatan berkendara, Jusri Pulubuhu membagikan lima tips berkendara aman sebagai berikut:

1. Rencanakan waktu mengemudi

Buatlah rencana saat perjalanan jauh misalnya waktu, jalur perjalanan, dan tempat istirahat. Sesuaikan juga posisi tempat duduk yang nyaman ketika berkendara agar tidak cepat lelah.

2. Tingkatkan konsentrasi

Saat berkendara, selalu konsentrasi dan fokus pada jalanan yang ada di depan mata. Jangan melakukan aktivitas lain yang membuat hilang fokus.

"Jangan alihkan perhatian di jalan, misalnya menggunakan ponsel atau mengobrol dengan penumpang yang membuat Anda mengalihkan tangan dari setir kemudi," katanya.

3. Perhatikan kecepatan berkendara

Berkendara di jalan raya pasti ingin selalu cepat-cepat. Apalagi didukung dengan performa kendaraan yang mumpuni. Namun, itu justru membuat risiko kecelakaan semakin besar.

"Ingat untuk selalu pelan-pelan dalam mengemudi karena kecepatan dapat menurunkan respond Anda bereaksi saat terjadi kondisi tiba-tiba," kata Jusri.

4. Berkendara defensif

Jika menemukan pengemudi lain ugal-ugalan, asumsikan mereka akan membuat kesalahan. Ini akan membuat kewaspadaan Anda meningkat dan selalu siap jika terjadi hal tidak diinginkan.

"Selalu waspadai pengemudi lain di sekitar Anda dengan menganggap mereka akan membuat kesalahan sehingga Anda akan selalu siap untuk menghindarinya. Jangan terpancing emosi jika mereka menyalip," ujarnya.

5. Letakkan benda-benda penting di tempat terjangkau

Konsentrasi akan hilang jika pengemudi sibuk mencari benda-benda penting, misalnya kartu e-toll, dompet, kartu garansi, uang kecil untuk parkir, air minum dan makanan ringan.

"Letakkan benda-benda tersebut yang mudah dijangkau agar konsentrasi mengemudi tetap terjaga," katanya.

Editor : Dani Dahwilani