7 Mobil Perang Jadi Kendaraan Mewah, Kini Banyak Digunakan Pejabat dan Sultan

Tangguh Yudha · Jumat, 23 September 2022 - 21:35:00 WIB
7 Mobil Perang Jadi Kendaraan Mewah, Kini Banyak Digunakan Pejabat dan Sultan
Banyak mobil premium terlahir dari kendaraan perang menjadi kendaraan wajib para penjabat dan sultan. 

JAKARTA, iNews.id - Mobil perang dikenal dengan kemampuan dan ketangguhannya menelusuri medan berbahaya. Selain dilengkapi dengan persenjataan lengkap, mobil perang juga memiliki fitur pertahanan canggih serta performa gahar.

Bagaimana jika mobil perang diubah menjadi mobil sipil tangguh? Ya, saat ini banyak mobil premium terlahir dari kendaraan perang. Tampilannya yang macho menjadi daya tarik tersendiri penggemar otomotif untuk mengoleksinya.

Model mobil apa saja yang terlahir dari kendaraan perang. Dirangkum iNews.id, Jumat (23/9/2022), berikut deretan mobil perang yang kini menjadi mobil premium para sultan.

1. Jeep

Jeep merupakan kendaraan 4x4 yang didesain untuk segala medan. Model ini sangat diandalkan saat perang.

Awal mobil ini dibuat pada Juni 1940. Menjelang Perang Dunia II, Angkatan Darat AS membuka penawaran untuk 135 pabrikan otomotif agar membuat ‘kendaraan pengintai ringan’ berbobot 1/4 ton yang disesuaikan dengan spesifikasi yang dikehendaki Angkatan Darat.

Hanya tiga perusahaan yang merespons, yaitu Bantam, Willys dan Ford. Dalam satu tahun, mereka mengumpulkan bersama templat kendaraan yang dikenal di seluruh dunia sebagai "Jeep”.

Pada November 1940, Willys-Overland mempresentasikan prototipe "Quad" (nama untuk sistem 4x4 yang menjadi ciri khasnya) kepada Angkatan Darat A.S. Hebatnya, rancangan ini selesai dalam 75 hari. Saat itu, Willys-Overland merupakan Jeep pertama di dunia. 

Kini, kendaraan tersebut menjadi model premium dan melegenda hingga sekarang. Mereka yang pernah di militer dan yang menyukai kendaraan tangguh menjadikan kendaraan ini sebagai koleksi wajib. Lebih dari 80 tahun mobil ini telah bertransformasi menjadi kendaraan premium.

2. Hummer H2

Di urutan pertama ada Hummer H2. Mobil perang satu ini menjadi primadona bagi pecinta mobil sport utilty vehicle (SUV) tangguh. Sebagai mobil perang, Hummer H2 yang merupakan mobil buatan Amerika Serikat (AS) ini punya eksterior khas militer.

Namun, untuk model kendaraan sipil interiornya sangat mewah dan nyaman, Joknya dibalut kulit premium, sejumlah bagian menggunakan aksen chrome, kualitas audionya juga nomor wahid. Tak ketinggalan dilengkapi airbag untuk pengemudi dan penumpang.

Hummer H2 juga dilengkapi sistem 4WD canggih dan rem ABS terkini. General Motor (GM) produsen Hummer H2 menyebut mobil ini tidak hanya cocok untuk off road tapi juga nyaman digunakan harian.

Di atas kertas, mobil perang yang dipasarkan untuk kendaraan sipil ini mampu meraih top speed hingga 105 km/h. Mesin yang gahar juga membuat konsumsi bahan bakar begitu boros. Jika melaju di jalur padat konsumsinya bisa 1 liter per 4 km.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda