8 Fitur Keselamatan Wajib Tersemat pada Mobil MPV

Dani M Dahwilani ยท Senin, 14 September 2020 - 12:23 WIB
8 Fitur Keselamatan Wajib Tersemat pada Mobil MPV

Mobil MPV tidak hanya dilihat secara fungsionalitas, tapi juga harus nyaman serta ditunjang fitur keselamatan dalam berkendara. (Foto: Wuling)

JAKARTA, iNews.id - Model kendaaraan yang paling banyak diminati konsumen di Indonesia Multi Purpose Vehicle (MPV). Memiliki kabin lega dan multifungsi menjadi alasan utama konsumen memilih mobil jenis ini.

Namun, mobil saat ini tidak hanya dilihat secara fungsionalitas. Mobil harus nyaman serta ditunjang fitur keselamatan dalam berkendara.

Fitur-fitur tesebut biasanya sudah tersemat pada MPV di kelas medium. Fitur apa saja itu?

1. Electronic Stability Control (ESC)

Menjaga kestabilan berkendara secara otomatis ketika ada indikasi pengemudi kehilangan kendali atau ketika lintasan kendaraan tidak sesuai dengan steering input yang diinginkan pengemudi, seperti ovesteer, dan understeer

2. Tire Pressure Monitoring System (TPMS)

Tampilan tekanan angin ban dalam satuan Bar dapat dipantau pada layar MID. Sistem akan berkedip jika tekanan ban tidak sesuai (terlalu tinggi atau terlalu rendah)

3. Automatic Vehicle Holding (AVH)

Fitur pengereman otomatis untuk menjaga mobil tetap berhenti dalam kondisi jalan yang menanjak, menurun ataupun datar tanpa harus menahan pedal rem secara manual. Untuk mengaktifkannya cukup tekan tombol tepat di bawah EPB.

4. Front and Rear Disc Brakes

Seluruh roda dilengkapi rem cakram yang memiliki tingkat efisiensi pengereman tinggi.

5. Emergency Stop Signal (ESS)

Saat pengemudi rem mendadak, sinyal lampu hazard akan secara otomatis berkedip dengan cepat sehingga memberikan peringatan kepada pengemudi di belakang untuk mengurangi risiko tabrakan.

6. Dual SRS Airbag

Kantung udara yang melengkapi efek perlindungan atas pemakaian sabuk pengaman. Fitur ini tersedia di bagian pengemudi dan penumpang depan.

7. Side Airbags

Kantung udara yang terdapat pada sisi samping baris pertama yang melengkapi efek perlindungan atas pemakaian sabuk pengaman pada pengemudi dan penumpang depan.

8. Fatigue Driving Warning

Fitur untuk menampilkan informasi lama waktu berkendara aman sesuai pengaturan yang ditentukan pengemudi serta alarm untuk memperingatkan jika pengemudi telah melewati lama waktu tersebut untuk menghindari kelelahan.

Kedelapan tersebut salah satunya tersemat pada Wuling Cortez CT tipe L. Sebagai medium MPV keselamatan dan keamanan kendaraan menjadi hal wajib.

Untuk jantung pacu Cortez CT L mengendong mesin 1.500cc turbo dipadukan dengan pilihan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) atau manual 6-percepatan.

Editor : Dani Dahwilani