Begini Trik agar Kendaraan Lolos Uji Emisi 

Riyandy Aristyo · Kamis, 14 Januari 2021 - 19:22:00 WIB
Begini Trik agar Kendaraan Lolos Uji Emisi 
Agar kendaraan lolos uji emisi ada sejumlah komponen yang harus diperhatikan dan dirawat. (Foto: Dok/Auto2000)

JAKARTA, iNews.id - Mulai 24 Januari 2021, kendaraan usia 3 tahun atau lebih wajib uji emisi gas buang. Ternyata, ada cara agar kendaraan bermotor dapat lolos uji emisi. 

Berdasarkan keterangan tertulis Auto2000 yang diterima iNews.id, Kamis (14/1/2021), ada sejumlah komponen mobil yang harus dirawat supaya kendaraan lulus uji emisi. 

Pastikan saluran masuk bahan bakar dan filter udara dalam keadaan bersih karena akan berpengaruh pada angka hidrokarbon (HC). Komponen yang kotor dapat menghambat aliran udara masuk ke ruang mesin, serta mengganggu proses pembakaran. 

Jangan lupa untuk memastikan koil dan busi selalu dalam kondisi prima ketika uji emisi sehingga proses pembakaran tidak bermasalah. 

Seperti diketahui, Peraturan Menteri No 05 Tahun 2006 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Lama untuk mobil mesin bensin produksi di atas 2017, ambang batas emisi gas buang di Indonesia berpatokan pada parameter karbon monoksida (CO) 1,5 persen Vol dan hidrokarbon (HC) 200 ppm Vol. 

Mesin mobil wajib bekerja dalam suhu optimal saat uji emisi dengan cara memeriksa sistem pendingin dan pelumas mesin. Oli yang ikut terbakar akan meningkatkan angka CO dan membebani kerja mesin sehingga emisi gas buang menjadi berlebih. 

Editor : Dani Dahwilani

Halaman : 1 2