Berkendara di Sekitar Truk Besar, Ini 5 Hal Harus Dipahami agar Tidak Terjadi Kecelakaan

Dani M Dahwilani · Minggu, 06 Desember 2020 - 10:03:00 WIB
Berkendara di Sekitar Truk Besar, Ini 5 Hal Harus Dipahami agar Tidak Terjadi Kecelakaan
Dimensi truk yang besar membuatnya blind spot  tidak bisa tergesa-gesa dan butuh ruang gerak cukup ketika bergerak. (Foto: Antara) 

JAKARTA, iNews.id - Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan pribadi dan truk besar kerap terjadi. Bahkan, dalam beberapa peristiwa merenggut korban jiwa.

Ini dapat dihindari jika pengemudi memahami karakter truk. Dimensi truk yang besar membuatnya tidak bisa tergesa-gesa dan butuh ruang gerak cukup ketika bergerak. 

Selain itu, posisi duduk pengemudi yang tinggi membuat pandangan ke belakang terhalang bodi. Akibatnya blind spot atau area di sekitar kendaraan tidak terlihat pengemudi.

Selain itu, bobot truk bila dipenuhi muatan, sangat besar sehingga tidak mudah baginya mengerem mendadak. Lantas, bagaimana mencegah insiden yang tidak diinginkan di jalan?

Dalam keterangan tertulisnya, Aftersales Division Head Auto2000 Ricky Martawijaya berbagi tips menghindari kecelakaan saat berkendara di sekitar truk, sebagai berikut:

1. Jaga Jarak Aman

Jangan mengikuti truk terlalu dekat karena mobil Anda tidak akan terlihat oleh sopir. Selain itu, karena terlalu dekat membuat kendaraan tidak memiliki ruang cukup mengintip jalur dari arah berlawanan akibat tertutup bodi truk. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2 3