Berkendara Ingin Irit Bahan Bakar, Perhatikan Fitur Eco Indicator dan Cruise Control

Dani M Dahwilani ยท Senin, 26 September 2022 - 12:48:00 WIB
Berkendara Ingin Irit Bahan Bakar, Perhatikan Fitur Eco Indicator dan Cruise Control
Eco indikator untuk memantau berkendara efisien. (Foto: Tangkapan Layar/Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Harga bahan bakar minyak (BBM) yang terus naik membuat pengendara mobil harus efisien. Bagimana agar berkendara irit bahan bakar?

Salah satu faktor yang memengaruhi keiritan bahan bakar adalah gaya mengemudi. Jika pengendara agresif di jalan konsumsi BBM dipastikan boros. Terlebih, bila melawati jalan mecet stop and go membuat bahan bakar tidak efisien.

Pakar otomotif, Rifat Sungkar mengemukakan, salah satu cara berkendara hemat adalah memanfaatkan fitur Eco Indicator, yakni Eco Drive Assist dan Eco Drive Meter. Fitur ini sangat berguna untuk memandu pengemudi mendapatkan gaya berkendara lebih efisien bahan bakar dan ramah lingkungan. 

"Eco Drive Meter dam Eco Drive Assist ada di display panel meter. Sebagai contoh pada mobil Mitsubishi Xpander atau Pajero Sport ada tampilan gambar daun dan tulisan ECO. Jika pengemudi berkendara efisien informasi ECO akan terus menyala. Namun jika tidak, tulisan ECO akan hilang," ujar Rifat dalam keterangan persnya, belum lama ini.

"Semakin efisien berkendara bagian dalam daun yang semula kosong akan terisi dengan warna hijau. Jika seluruh daun terisi hijau maka gaya berkendara dipastikan benar-benar efisien. Eco Meter dan Eco Drive Assist sangat berguna di tengah kondisi harga bahan bakar minyak yang semakin mahal," katanya.

Rifat menuturkan, fitur lain yang dapat dimanfaatkan untuk berkendara hemat bahan bakar adalah Cruise Control. Fitur ini membantu pengemudi mendapatkan efisiensi BBM karena kendaraan dapat disetel dengan kecepatan konstan terutama di jalan bebas hambatan alias tol. 

“Jadi untuk cruise control memang sangat membantu sejak adanya jalan tersambung dari Jakarta sampai ujung Jawa. Yang perlu dicatat adalah ada dua tipe cruise control, yaitu cruise control normal dan adaptive cruise control,” ujarnya.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda