BJ Habibie Wariskan Koleksi 32 Mobil Klasik dan Belasan Motor Gede

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 12 September 2019 - 09:47 WIB
BJ Habibie Wariskan Koleksi 32 Mobil Klasik dan Belasan Motor Gede

Semasa hidup di tengah kesibukannya sebagai teknokrat dan tokoh bangsa, BJ Habibie dikenal gemar mengoleksi mobil dan motor gede. (Foto: YouTube/Kevin Hendrawan)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie telah berpulang di usia 83 tahun, Rabu (11/9/2019), pukul 18.05 WIB. Semasa hidup di tengah kesibukannya sebagai teknokrat dan tokoh bangsa, Habibie dikenal gemar mengoleksi mobil dan motor gede (moge).

Dikutip dari akun YouTube Kevin Hendrawan, Kamis (12/9/2019), BJ Habibie memiliki garasi khusus di basement rumahnya. Semua kendaraan almarhum terparkir rapi dan tidak sembarang orang bisa masuk melihat deretan kendaraannya.

Sebagian besar mobil yang terparkir adalah Mercedes-Benz seri klasik. Rupanya, pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan ini memang menyukai kendaraan asal Jerman tersebut sejak duduk di bangku kuliah.

Instgram @ifanramadhana

Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Mercedes Benz 300SL Gullwing. Mobil yang diproduksi antara 1954 hingga 1957 tersebut memiliki pintu yang dapat dibuka secara vertikal dan merupakan seri sport pertama Mercedes dengan pintu gullwing.

Meski klasik, performa mobil ini tak bisa dianggap remeh. Jantung pacunya dibekali mesin 6-silinder yang sanggup memuntahkan tenaga 215 hp dengan transmisi manual 4-percepatan, serta mampu mencapai kecepatan maksimal 260 km/jam.

Tak hanya kendaraan lawas, BJ Habibie juga memiliki keluaran baru dari pabrikan berlogo bintang segitiga ini. Salah satunya adalah Mercedes-Benz S600. Mobil keluaran 2014 ini memiliki harga Rp6 miliar.

Selain kendaraan roda empat, BJ Habibie juga memiliki barisan motor gede (moge) lawas dari berbagai pabrikan. Dari akun YouTube pribadi Zaskia Adya Mecca, terdapat 11 moge, seperti Honda, Kawasaki, BMW, dan Harley Davidson.


Editor : Dani Dahwilani