Bukan Tesla, Ini Produsen Mobil Listrik Pertama di Dunia

Muhamad Fadli Ramadan ยท Minggu, 18 September 2022 - 15:37:00 WIB
Bukan Tesla, Ini Produsen Mobil Listrik Pertama di Dunia
Mobil listrik sebenarnya bukan barang baru karena sudah tercipta sejak 1800-an di Hungaria, Belanda dan Amerika Serikat. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.idKendaraan listrik saat ini semakin populer hadir dari berbagai model metek. Selain hemat karena tak perlu membeli BBM, mobil listrik juga berperan besar dalam mewujudkan lingkungan bersih.

Dikutip dari Energy, mobil listrik sebenarnya bukan barang baru karena sudah tercipta sejak tahun 1800-an, di Hungaria, Belanda, dan Amerika Serikat. Mereka memulai konsep kendaraan bertenaga baterai dan menciptakan beberapa mobil listrik skala kecil pertama.

Robert Anderson, seorang penemu Inggris, mengembangkan kereta listrik pertama sekitar waktu yang sama. Lalu pada paruh kedua abad ke-19, penemu asal Prancis dan Inggris membangun beberapa mobil listrik praktis pertama.

Sementara di AS, debut mobil listrik sukses sekitar 1890-an berkat William Morrison, seorang ahli kimia yang tinggal di Des Moines, Iowa. Kendaraan enam penumpangnya mampu melaju cepat, yang memicu minat pada kendaraan listrik.

Beberapa tahun kemudian, kendaraan listrik dari produsen berbeda mulai bertebaran di New York City, bahkan lebih dari 60 taksi menggunakan mobil listrik. Barulah pada 1900-an, mobil listrik berada pada masa kejayaannya.

Dalam kurun waktu 10 tahun, mobil listrik terus menunjukkan peningkatan penjualan yang memperlihatkan sepertiga kendaraan berbasis listrik. Bahkan, Thomas Alva Edison mengatakan mobil listrik akan menjadi kendaraan masa depan.

Henry Ford yang merupakan pendiri Ford Motor Company, bekerja sama dengan Edison mengembangkan mobil listrik dengan harga murah pada 1914. Akhirnya terciptalah mobil listrik keluaran Ford dengan nama Model T yang merevolusi transportasi dan industri Amerika.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda