Cara Menghilangkan Goresan pada Kaca Depan Mobil

Riyandy Aristyo · Senin, 06 Juli 2020 - 18:11 WIB
Cara Menghilangkan Goresan pada Kaca Depan Mobil

Jika kaca sudah terlanjur tergores tak perlu khawatir karena ada sejumlah perawatan untuk menghilangkan baret. (Foto: Wuling)

JAKARTA, iNews.id - Kaca merupakan komponen penting pada mobil yang harus dijaga agar aman saat berkendara. Salah satunya masalah pada kaca terutama bagian depan adalah baret atau kena goresan.

Penyebab goresan biasanya akibat wiper kaca rusak atau ada pasir menempel. Bagaimana mengatasi ini pada kaca depan?

Pemilik salon mobil Autoglaze Depok, Surnandar mengatakan, kaca mobil bisa baret karena ada debu atau pasir yang tersapu wiper. Sebelum menyalakan wiper, sebaiknya basahi dahulu permukaan kaca dengan washer.

"Biasanya, di musim panas seperti ini kaca mobil kering dan banyak debu menempel. Ini rentan membuat kaca tergores saat pengemudi tak sengaja menyalakan wiper," ujarnya, saat dihubungi iNews.id, Senin (6/7/2020).

Menurut Sunandar, jika kaca sudah terlanjur tergores tak perlu khawatir karena ada sejumlah perawatan untuk menghilangkan baret. Perawatan ini bisa dilakukan dari rumah dengan menggunakan peralatan yang ada.

"Kalau sudah terlanjur baret, pakai saja kompon mobil dan lap halus kering. Sudah banyak bengkel atau toko perlengkapan mobil yang menjual kompon. Harganya juga murah," katanya.

Namun, Sunandar mengingatkan untuk pemilik mobil jika kompon hanya bisa menghilangkan goresan tergolong ringan. Jika goresan cukup dalam, sebaiknya jangan gunakan kompon, karena membuat kaca tipis.

"Penggunaan kompon hanya untuk menghilangkan baret yang ringan. Kalau goresan dalam sebaiknya jangan dilakukan, khawatir ketebalan kaca semakin tipis jika terus digosok," ujarnya.

Dia menambahkan, selain kompon bahan lain yang bisa menghilangkan goresan pada kaca adalah Cerium Oxide. Cerium Oxide merupakan salah satu bubuk poles yang berfungsi membersihkan kaca dan membuatnya semakin mengilap.

"Campur Cerium Oxide dengan air sampai tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Poles kaca yang baret pakai campuran ini dengan alat pemoles atau kain yang lembut. Setelah selesai, bersihkan sisa cairan poles dengan kain lembut dan bersih," kata Sunandar.

Editor : Dani Dahwilani