Cara Merawat Mobil Bermesin Turbo, Jangan Sembarangan Isi Bensin 

Dani M Dahwilani · Minggu, 02 Mei 2021 - 13:45:00 WIB
Cara Merawat Mobil Bermesin Turbo, Jangan Sembarangan Isi Bensin 
Perawatan mesin turbo tidak serepot yang dibayangkan sepanjang pelanggan rutin menjalankan servis sesuai rekomendasi dan mengisi BBM yang dianjurkan. (Foto: Auto2000)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia kedatangan dua mobil turbo 1.000 cc di segmen low SUV, yaitu Toyota Raize dan kembarannya Daihatsu Rocky. Pertanyaannya bagaimana perawatan mobil turbo, apakah ribet? 

Chief Executive Auto2000, Martogi Siahaan mengatakan, perawatan mobil bermesin turbo tidak serepot yang dibayangkan sepanjang pelanggan rutin menjalankan servis sesuai rekomendasi. Selain itu, ada beberapa hal harus diperhatikan pemilik kendaraan agar mesin awet. 

1. Pelajari Buku Manual Kendaraan 

Buku manual kendaraan berisi panduan tertulis dan gambar dalam bentuk ilustrasi sederhana dan mudah dipahami. Buku manual berisi informasi penting seperti garansi, keselamatan kendaraan, instruksi instalasi, identifikasi masalah, instruksi pengaturan, spesifikasi produk serta instruksi perawatan dan pemecahan masalah.  

"Dengan membaca buku manual, AutoFamily dapat mempelajari cara merawat dan memperlakukan mobil turbo yang benar," ujar Martogi dalam keterangan tertulis dilansir Minggu (3/5/2021). 

2. Gunakan Bahan Bakar Tepat 

Mesin turbo membutuhkan bahan bakar lias bensin dengan nilai oktan tinggi mengingat rasio kompresi ketika pembakaran sangat tinggi. Asupan bahan bakar yang tidak tepat, seperti nilai oktan di bawah rekomendasi, akan membuat pembakaran tidak berlangsung sempurna yang membuatnya kehilangan tenaga dan menyebabkan knocking atau ngelitik.  

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2