Deretan Merek Mobil Menggunakan Bahasa Indonesia

Intan Rakhmayanti Dewi · Sabtu, 05 Juni 2021 - 06:15:00 WIB
Deretan Merek Mobil Menggunakan Bahasa Indonesia
Beberapa produsen kendaraan mengadopsi bahasa Indonesia untuk nama produk mobil mereka. (Foto: Toyota/Porsche)

JAKARTA, iNews.id -  Pemberian nama model atau merek kendaraan sangat penting. Bahkan suatu merek harus riset hingga lima tahun untuk menentukan nama merek kendaraan mereka. 

Pertimbangannya terkait dengan brand image produk tersebut. Kedua hak pemakaian nama, jangan sampai sudah digunakan perusahaan lain. Berikutnya makna dari nama tersebut jangan sampai memiliki arti negatif.  

Banyak latar nama merek yang dipilih, mulai dari berasal dari bahasa Sansekerta, Yunani Kuno, istilah modern sampai bahasa nomor kode.  

Menariknya, beberapa produsen kendaraan mengadopsi bahasa Indonesia untuk nama mobil mereka. Apa saja merek mobil yang masih diproduksi menggunakan nama dari Bahasa Indonesia? 

1. Toyota Kijang 

Kijang merupakan salah satu mobil legendaris Toyota di pasar Indonesia. Toyota Kijang pertama kali diperkenalkan pada 1977. 

Meski terdengar seperti nama hewan, nama Kijang merupakan singkatan dari ‘Kerja Sama Indonesia dan Jepang’. Pemberian nama Kijang dicetuskan Jusuf Kalla (JK). Saat itu, di era 70-an JK bukan menjabat sebagai wakil presiden, melainkan direktur utama Grup Usaha PT Hadji Kalla. 

2. Suzuki Ertiga 

Awalnya ketika masih dalam bentuk konsep, mobil ini diberi nama R III, Jika nama tersebut dilapalkan dalam bahasa Indonesia bunyinya menjadi Ertiga.  

Nama Ertiga gabungan dari kata Er (dari huruf R) yang berarti Row (baris) dan tiga dari angka 3. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2